Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian dan Kehutanan Korea serta Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) ikut berpartisipasi dalam ajang pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) di Jakarta pada 25 - 27 Oktober 2024 dengan menghadirkan enam restoran waralaba asal Korea Selatan yang siap berekspansi ke pasar makanan halal di Indonesia. Dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, keenam restoran waralaba yang hadir di FLEI 2024 telah melalui proses seleksi panjang dari aT Center. Keenam restoran tersebut, yaitu Cravy for chicken (BY4MFNT Corp), Pizza Maru (Food Zone Co.,LTD), Twozzim (KIYOUNG F&B), Bobaebanjum (BOBAE F&B CO., LTD), Yeok Jeon Halmaek (YEOK JEON FnC Inc.), dan Samcheop Bunsik (CGF Co., Ltd).

“Jadi, ada ratusan brand restoran Korea yang mendaftar kepada kami (aT Center), kemudian kami adakan seleksi berupa interview hingga akhirnya terpilih 6 restoran tersebut,” ujar Lee Seung-hoon selaku Chief Representative Korea Agro-Trade Center (aT Center) Jakarta.

Baca juga: FLEI Business Show 2024 siap digelar akhir Oktober 2024
“Kebetulan perusahaan-perusahaan ini juga sudah memiliki target untuk membuka franchise di luar negeri, jadi mereka tertarik ikut expo ini untuk mendapatkan buyer yang potensial di Indonesia,” sambungnya.

Menurutnya, makanan Korea Selatan memiliki keunikan tersendiri, sehingga diharapkan dapat bersaing dengan produk dari negara lainnya (seperti China dan Jepang). Selain itu, beberapa makanan Indonesia memiliki persamaan dengan makanan Korea, sehingga akan lebih mudah bagi restoran asal Korea untuk berekspansi ke Indonesia.
“Makanan orang Indonesia itu kan mirip dengan Korea sebenarnya. Jika, di Indonesia ada sambal, di Korea ada Gochujang untuk cita rasa pedasnya," kata Lee.

Baca juga: FLEI kembali digelar, dorong pertumbuhan industri waralaba
Dia menambahkan, "Hanya saja, makanan Korea itu kan banyak yang fermentasi dan terbuat dari sayuran, sehingga lebih sehat dibandingkan dengan makanan lainnya. Kami rasa, itu yang menjadi keunggulan dari makanan kami untuk bersaing di pasar Indonesia".
Lee juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya tidak memiliki target tertentu dalam keikutsertaan mereka di FLEI 2024. Apalagi, pameran tersebut baru digelar kembali setelah sempat terhenti karena pandemi beberapa tahun lalu.

Baca juga: Produk makanan dan minuman Indonesia hadir di Hace Hotel Expo Mesir
“Tujuan utama kami adalah memperkenalkan brand restoran ini kepada masyarakat Indonesia, sehingga memiliki buyer potensial dan berekspansi di Indonesia," kata Lee.

Selain memperkenalkan enam restoran waralaba dari Korea Selatan, pihak aT Center juga menghadirkan ragam aktivitas menarik, antara lain acara memasak dengan ahli kuliner, bincang-bincang, dan survei berhadiah.

Baca juga: Produk makanan minuman Indonesia tampil di Afrika Selatan