Purwokerto, Jateng (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar mengingatkan pentingnya upaya memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pengembangan industri kreatif untuk memajukan potensi daerah.

"Banyumas memiliki posisi strategis dan potensi luar biasa. Kita perlu menopang daerah sekitar untuk menciptakan peluang kerja," kata Pj Bupati saat membuka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang diselenggarakan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengakui masalah keuangan sering menjadi stigma yang menyulitkan masyarakat dalam mencari pekerjaan.

Terkait dengan hal itu, dia mengajak masyarakat khususnya pencari kerja untuk manfaatkan kesempatan dalam kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin.

Menurut dia, hal itu disebabkan dalam BIK 2024 yang mengusung tema "Akses Keuangan Inklusif Wujudkan Masyarakat Produktif" juga diisi dengan pameran bursa kerja yang menggandeng 24 perusahaan serta menyediakan 63 posisi dan 370 lowongan kerja.

"Saya berharap perusahaan-perusahaan di Banyumas Raya dapat membuka lebih banyak slot kerja untuk mendukung peningkatan lapangan pekerjaan," katanya.

Sementara itu, Kepala OJK Purwokerto Riwin Mirhadi mengatakan Bulan Inklusi Keuangan yang diadakan setiap bulan Oktober ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk keuangan.

Menurut dia, OJK memiliki peran penting dalam menjaga sistem keuangan yang stabil dan berkelanjutan serta melindungi kepentingan konsumen.

"Kegiatan literasi keuangan dan job fair (pameran bursa kerja) ini sangat penting untuk menangani angka pengangguran di eks Keresidenan Banyumas," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Banyumas Raya.

Wakil Rekor UMP Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhamadiyahan Ikhsan Mujahid mengatakan kegiatan tersebut juga melibatkan sekitar 40 UMKM serta 24 perusahaan.

"Semoga ini menarik lebih banyak masyarakat untuk berkunjung ke sini," katanya.

Baca juga: BI: KKS 2024 ajang promosi produk UMKM Banyumas Raya
Baca juga: Pemkab Banyumas apresiasi peran swasta kembangkan ekonomi kreatif
Baca juga: Banyumas siapkan tempat bagi pelaku ekonomi kreatif