Changsa (ANTARA) - Sebuah lini produksi pintar yang mampu memproduksi lebih dari 150 satelit komersial kecil setiap tahunnya, dengan bobot masing-masing satelit mencapai 50 hingga 500 kg, diluncurkan pada Jumat (25/10) di sebuah kawasan industri di Kota Zhuzhou, China tengah.

Lini produksi baru milik perusahaan swasta Hunan Satellite Technology Co., Ltd., di Provinsi Hunan ini diharapkan dapat membantu mendorong pengembangan industri satelit komersial di China. Perusahaan itu menyebut pihaknya telah menerima sejumlah pesanan satelit dan akan segera memulai aktivitas produksi setelah peluncuran fasilitas tersebut.

Fasilitas pembuatan satelit perusahaan ini mencakup pusat penelitian dan pengembangan, pabrik pembuatan satelit, pusat pengujian lingkungan antariksa, serta pusat pengujian dan evaluasi material luar angkasa.

Lini produksi ini diluncurkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Internasional tentang Penerapan Sistem Satelit Navigasi BeiDou (BDS) ketiga yang diadakan di kota tersebut, yang menyoroti pertumbuhan dan prospek industri terkait satelit.