Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memamerkan budaya setempat melalui ajang "Hajatan Tradisi Kepulauan Seribu 2024" yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-23 daerah setempat.

"Kegiatan ini menghadirkan panggung berisi berbagai seni dan budaya yang ada di Kepulauan Seribu," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: DKI masih evaluasi uji coba Makan Bergizi Gratis

Ia menjamin seni dan budaya yang didatangkan dari masing-masing pulau yang ada di Kepulauan Seribu sangat menarik dan menghibur pengunjung.

Selain itu, lanjutnya panggung kegiatan Suku Dinas Kebudayaan ini adalah tempat untuk berekspresi bagi para pelaku seni yang memperlihatkan kearifan lokal.

Ia menambahkan kegiatan ini diharapkan melahirkan dampak positif bagi ekonomi karena warga yang berkumpul di hajatan tersebut sehingga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bisa tumbuh.

Baca juga: Bank Indonesia gelar kas keliling penukaran uang di Kepulauan Seribu

"Ke depan diharapkan ada kegiatan lain yang dapat memberdayakan masyarakat dan harus dikembangkan karena ke depan isunya kita sebagai kota global," kata dia.

Kegiatan Hajatan Tradisi Kepulauan Seribu digagas Suku Dinas Kebudayaan yang berlangsung selama dua hari 24-25 Oktober 2024.

Kegiatan ini menampilkan berbagai acara kegiatan di antaranya tarian khas Kepulauan Seribu, pawai budaya, penampilan band melayu, lomba memasak, dan lomba kapal hias.

Sementara Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kepulauan Seribu, Harry Dwirendra mengatakan ajang ni juga menggelar kegiatan pelatihan, pembinaan dan perlindungan kebudayaan sesuai dengan amanah Peraturan Daerah tentang pelestarian kebudayaan dan menjaga, melestarikan, serta nilai-nilai luruh kearifan lokal.

Baca juga: Pulau Pari paling banyak dikunjungi orang saat ke Kepulauan Seribu

Harry menambahkan kegiatan Hajatan Tradisi Budaya ini akan diadakan setiap tahun, dan tahun ini diadakan di Pulau Untung Jawa dengan rincian kegiatan sebagai berikut, penampilan grup tari dan grup musik tradisi dari enam Kelurahan di Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Rangkaian pawai dari enam kelurahan, bazar UMKM, lomba masak khas Kepulauan Seribu, lomba menghias kapal dan hiburan seni budaya dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu," kata dia.