Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi kecerdasan artifisial generatif, OpenAI, dikabarkan tengah bersiap untuk mengeksekusi
​​​​​ rencananya merilis model AI besar terbaru mereka di Desember 2024.

Kabar yang dilaporkan The Verge, Jumat (25/10), menyebutkan model besar AI itu bakal diberi nama Orion.

Berbeda dengan dua model OpenAI terakhir, GPT-4o dan o1, Orion awalnya tidak akan dirilis secara luas melalui ChatGPT.

OpenAI berencana untuk memberikan akses terlebih dahulu untuk perusahaan mitra yang bekerja sama erat dengannya.

Baca juga: Siap buka kantor di Singapura, OpenAI garap model AI Asia Tenggara

Dengan demikian pihak tersebut dapat membangun produk dan fitur mereka sendiri.

Sumber lain memberi tahu The Verge bahwa teknisi di dalam Microsoft, sebagai salah satu mitra utama OpenAI, sedang bersiap untuk menghadirkan Orion di Azure paling cepat pada November.

Secara internal di OpenAI, menurut sumber yang tak disebutkan namanya, eksistensi Orion terlihat sebagai penerus GPT-4, tidak jelas apakah perusahaan akan menyebutnya GPT-5 secara eksternal.

Meski begitu, rencana peluncuran tersebut mungkin berubah kapan saja. Secara resmi Microsoft sebagai mitra menolak berkomentar.

Sementara CEO OpenAI Sam Altman tak lama buka suara dan menyebutkan informasi ini tidak benar dan di luar kendali.

Baca juga: OpenAI berencana kenakan biaya Rp333 ribu per bulan untuk chatGPT

Juru Bicara OpenAI Niko Felix turut menambahkan bahwa perusahaannya tidak berencana merilis model AI besar bernama Orion di 2024, namun mereka memang akan merilis lebih banyak teknologi baru.

Kehadiran AI baru dari OpenAI memang beberapa kali telah disinggung seorang eksekutif dari perusahaan tersebut.

Teknologi itu diklaim berpotensi 100 kali lebih kuat daripada GPT-4; teknologi ini terpisah dari model penalaran o1 yang dirilis OpenAI pada September 2024.

Sebelumnya dilaporkan bahwa OpenAI menggunakan o1, dengan nama kode Strawberry, untuk menyediakan data sintetis guna melatih Orion.

Pada September 2024 juga, para peneliti OpenAI mengadakan perayaan bernama happy hour atas penyelesaian pelatihan model baru.

Waktu tersebut sesuai dengan postingan samar di X oleh OpenAI Altman, di mana ia mengatakan bahwa ia "bersemangat untuk melihat konstelasi musim dingin segera muncul."

Jika Anda bertanya kepada ChatGPT o1-preview apa yang disembunyikan postingan Altman, ia akan memberi tahu Anda bahwa ia mengisyaratkan kata Orion, yang merupakan konstelasi musim dingin yang paling terlihat di langit malam dari November hingga Februari.

Peluncuran model berikutnya ini datang pada saat yang krusial bagi OpenAI, yang baru menutup putaran pendanaan bersejarah senilai 6,6 miliar dolar AS mengharuskan perusahaan untuk merestrukturisasi dirinya sebagai entitas nirlaba.

Di samping itu, ini menjadi penting karena menunjukkan hasil setelah setelah CTO Mira Murati mengumumkan kepergiannya bersama dengan Bob McGrew, kepala bagian penelitian perusahaan, dan Barret Zoph, VP pelatihan pascaproduksi.

Baca juga: Eks desainer iPhone kembangkan perangkat keras bersama OpenAI

Baca juga: OpenAI bagikan akses model AI terbaru kepada lembaga Amerika Serikat