Semarang (ANTARA) - "Gelora Muda 2024", festival pelajar tingkat Kota Semarang yang diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik bakal memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang, Jumat, mengatakan bahwa "Gelora Muda 2024" akan diselenggarakan pada Sabtu (26/10).

Rangkaian acaranya terdiri atas talkshow, pentas seni budaya, konser musik, dan bazaar makanan, serta dimeriahkan oleh bintang tamu di antaranya Duta GenRe Jawa Tengah, Fort Band, dan Mbak Yu.

"Hari Sabtu besok di Balai Kota Semarang akan ada acara 'Gelora Muda 2024', yaitu festival pelajar tingkat Kota Semarang. Ayo anak-anakku, remaja-remaja di Kota Semarang datang ke balai kota meramaikan acara ini. Pasti nanti seru," kata Ita, sapaan akrab Hevearita.

Untuk puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, kata dia, akan digelar Upacara Hari Sumpah Pemuda pada Senin (28/10) mendatang.

Baca juga: Bantul kenalkan sejarah Sumpah Pemuda melalui pameran seni rupa

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 akan diikuti oleh jajaran Pemerintah Kota Semarang, jajaran forkompinda, mahasiswa, siswa-siswi sekolah, hingga ormas kepemudaan yang ada di Kota Semarang.

Pada upacara Hari Sumpah Pemuda, Wali Kota Semarang juga akan menyerahkan hadiah Lomba Gelora Muda (vokal, tari kreasi, futsal, dan e-sport) dan Sayembara dari Desain Bangunan Gedung Hijau Tahun 2024 oleh Dinas Tata Ruang Kota Semarang.

Desain pemenang juga akan dipamerkan di lobi lantai satu Gedung Moch. Ichsan Balai Kota Semarang.

Selain itu, juga penyerahan hadiah undian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Launching Buku Si Kocil (Koki Cilik) juga akan dilaksanakan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Baca juga: Museum Sumpah Pemuda ajak siswa bernalar kritis lewat kompetisi debat

Ia menambahkan bahwa pameran gelar karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) dari SMA/SMK Kota Semarang dan komunitas turut hadir sebagai pengisi acara.

Siswa-siswi SMA/SMK akan memamerkan beragam kreasi berupa rekayasa teknologi, budaya, makanan, minuman, sejarah, hingga fesyen dan kerajinan tangan.

Ia berharap pameran tersebut akan meningkatkan kreativitas dan menginspirasi siswa-siswi lainnya untuk berkreasi dan berinovasi.

Rangkaian yang tak kalah menarik, yaitu talkshow kepemudaan dengan narasumber Akmal Faiz Al Khadafi (Paskibra Nasional 2024) yang bertempat di hall Balai Kota Semarang diikuti oleh Forum Komunikasi OSIS (FKO) Kota Semarang.

Baca juga: Budayawan: Sumpah Pemuda mesti jadi momentum hidupkan Bahasa Indonesia

"Pokoknya Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Kota Semarang dirayakan. Mari meriahkan dan semoga ke depannya para pemuda dapat terus mendorong kemajuan Indonesia dan Kota Semarang khususnya," katanya.