Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 nomor urut satu (1), Ridwan Kamil - Suswono (RIDO) juga berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga sembako agar tetap terjangkau bagi seluruh warga di daerah ini.


"Kami punya komitmen itu, terutama bagi kelompok masyarakat yang rentan karena kami memahami bahwa kebutuhan pokok adalah aspek mendasar bagi kesejahteraan masyarakat," kata Suswono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan inisiatif 'Tebus Minyak Murah' sebagai bagian dari komitmen itu.

"Inisiatif ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dengan menyediakan minyak goreng bersubsidi bagi warga kurang mampu, " katanya.

Selain itu, ia menyampaikan akan mengadakan operasi pengendalian harga melalui pasar sembako murah di setiap kelurahan secara rutin.

Baca juga: Pramono siapkan dana hibah Rp300 miliar untuk pelaku UMKM Jakarta
"Operasi pengendalian harga ini adalah wujud dari komitmen kami untuk menyediakan bahan pangan berkualitas, sekaligus menjaga stabilitas harga sembako bagi seluruh warga Jakarta," katanya.


Pria yang akrab dipanggil Pak Sus ini juga menjelaskan Pemprov Jakarta di bawah kepemimpinan RIDO, nantinya juga akan membangun kerja sama berkelanjutan dengan daerah penghasil bahan pokok.

"Tujuannya adalah memastikan ketahanan pangan Jakarta dengan menjaga stabilitas pasokan dan kualitas bahan pangan yang dikirim ke Jakarta, demi ketahanan pangan jangka panjang yang dapat diandalkan, " ucapnya.
Paslon ini sadar bahwa ketahanan pangan yang berkelanjutan adalah solusi nyata dalam mengurangi ketimpangan sosial di Jakarta.


"Melalui kerja sama yang solid dengan daerah-daerah penghasil, kami akan memastikan pasokan dan kualitas bahan pangan yang diterima warga Jakarta tetap terjaga dan terjangkau," katanya.

Baca juga: PWNU DKI bentuk badan pemantau awasi pilkada jujur dan adil

Pertahankan subsidi
Paslon ini juga melanjutkan subsidi harga bahan pokok, termasuk beras, gula, dan minyak goreng, bagi keluarga rentan berdasarkan data yang ada.

"Melalui kebijakan ini, kelompok masyarakat berpenghasilan rendah tetap memiliki akses terhadap pangan yang terjangkau, " ucapnya.
Keduanya juga ingin memastikan tidak ada warga Jakarta yang kekurangan akses terhadap bahan pokok, melalui subsidi harga bahan pokok.

"Inisiatif-inisiatif ini merupakan bagian dari visi besar kami untuk menciptakan Jakarta yang lebih inklusif, adil dan sejahtera bagi semua lapisan masyarakat, " jelasnya.

Baca juga: Dharma janjikan bangun kampung wisata tingkatkan ekonomi warga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta pada 27 November 2024.