Kota Bengkulu (ANTARA) - Dua bangunan dan tiga unit mobil di Panti Sosial Bina Remaja Harapan milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu yang berada di Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Jumat. hangus terbakar.

Bangunan yang hangus terbakar tersebut yaitu mushola dan gudang Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berisikan tenda, perahu, dapur umum dan alat-alat bantuan lainnya.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Damkar Kota Bengkulu Rilja Saputra di Bengkulu, Jumat menyebutkan bahwa selain bangunan, kebakaran tersebut juga menghanguskan dua unit mobil, satu unit kapal cepat dan satu unit mobil angkutan.

"Kita mengerahkan seluruh seluruh pos dan 13 armada semuanya kita turunkan. Untuk yang terbakar, dan kerugian itu pihak berwajib untuk melakukan investigasi," ujar dia.

Untuk personel yang diturunkan yaitu 80 orang dan dibantu dengan teman-teman relawan kebakaran (Redkar), tagana dan pihak kepolisian.

Baca juga: Gedung dan asrama panti asuhan di Cipayung terbakar
Baca juga: Gudang Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung terbakar
Rilja menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang diterima jika api pertama kali muncul dari gudang bagian dalam yang menyimpan tenda, dapur umum dan peralatan lainnya.

"Tidak ada korban jiwa, dan dari penjaga panti, gudang tersebut tidak ada sumber listrik, namun secara pasti merupakan kewenangan dari pihak berwajib untuk melakukan investigasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Bina Remaja Harapan Efendi menerangkan bahwa saat kejadian kebakaran, kondisi bangunan sedang kosong setelah aktivitas para anak panti usai mengaji dan kemudian langsung pulang ke asrama masing-masing.

"Ini dapat telepon dari orang piket katanya ada kebakaran di gedung milik dinas sosial. Itu gedung tagana isinya memang banyak barang mudah terbakar, dan di mushola sajadah sama tikar nya ikut terbakar. Saat kejadian lagi kosong habis ditinggal anak panti yang beraktivitas mengaji," terangnya.

Baca juga: Satu orang tewas akibat kebakaran di Kota Bengkulu Kamis pagi
Baca juga: Damkar: Enam bedengan di Bengkulu hangus terbakar
Baca juga: Sejumlah ruang kelas SMKN 3 Kota Bengkulu hangus terbakar