Kota Gorontalo (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo menggelar kegiatan bersih-bersih pantai, bantaran sungai, dan saluran air yang ada di Kelurahan Leato Selatan, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Komandan Lanal Gorontalo Letkol Laut Martha Novalianto, di Gorontalo, Jumat, mengatakan aksi bersih-bersih pantai dan saluran air serta bantaran sungai ini dilaksanakan dalam rangka Karya Bakti dan Bakti Sosial TNI Angkatan Laut tahun 2024.

"Untuk kegiatan bersih-bersih pantai serta bantaran sungai sudah berlangsung sejak Rabu (23/10), dan hari ini acara puncaknya," ucap Letkol Martha.

Ia mengatakan bahwa pada acara puncak itu turut dihadiri Paban Karbak Ban V Bakti TNI AL Spotmaral Letkol Mar Kiagus Fauzan, dan diikuti para personel Lanal Gorontalo bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, pramuka binaan Lanal Gorontalo, pemerintah kecamatan dan kelurahan, serta masyarakat Leato Selatan.

Baca juga: Pj Gubernur Gorontalo lakukan aksi bersih pantai

Dalam pelaksanaannya, gabungan personel dan masyarakat menyisir dan membersihkan saluran-saluran air hingga pantai, serta melakukan pembersihan sedimen yang menumpuk di aliran sungai saat terjadi hujan deras beberapa hari lalu.

Letkol Martha mengatakan bahwa pada acara puncak itu pihaknya mengadakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga, yang tentunya ditangani oleh tenaga profesional di bidangnya yang berasal dari Lanal Gorontalo.

Lanal Gorontalo juga memberikan bantuan bahan pokok kepada warga kurang mampu atau termasuk dalam kategori warga miskin.

Baca juga: Empat ton sampah terkumpul pada Gerakan Bersih Laut-Pantai Gorontalo

"Kami berupaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehingga kehidupan di wilayah ini menjadi lebih baik," kata dia

Sementara itu, Camat Dumbo Raya Marwan Saleh mengatakan mewakili pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Lanal Gorontalo yang tidak henti-hentinya memberikan perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.

Aksi sosial Lanal Gorontalo sejak dulu sampai saat ini masih terus dilakukan, tanpa harus menunggu hari-hari besar atau momentum tertentu.

Baca juga: Korem 133/Nani Wartabone Gorontalo lakukan bersih Danau Limboto

"Kami tentunya sudah merasakan dampak positif yang dilakukan oleh Lanal Gorontalo sejak dulu hingga sekarang, dan kami berharap ini akan terus terjaga," ujarnya.