Beijing (ANTARA) - Menteri Perdagangan China Wang Wentao menyampaikan bahwa raksasa teknologi Apple dipersilakan untuk memelihara kerja sama yang stabil dengan para mitranya di China guna mewujudkan pembangunan bersama.

Hal itu disampaikan Wang saat bertemu dengan CEO Apple Tim Cook di Beijing pada Jumat (25/10).

Kedua pihak bertukar pandangan soal pengembangan bisnis Apple di China serta hubungan ekonomi dan perdagangan China-Amerika Serikat (AS) dalam pertemuan itu, dan dalam kesempatan itu Cook menjanjikan pengembangan jangka panjang dan peningkatan investasi di China, menurut rilis pers dari Kementerian Perdagangan China.

Seraya menyatakan bahwa China baru-baru ini meluncurkan sejumlah kebijakan keterbukaan baru dan mengambil langkah solid untuk mengatasi kekhawatiran para perusahaan yang diinvestasi asing, Wang menuturkan Apple dipersilakan untuk memanfaatkan peluang dan terus memperdalam kehadirannya di pasar China.

"China akan lebih mengoptimalkan lingkungan bisnisnya dan terus memberikan layanan berkualitas tinggi bagi perusahaan-perusahaan yang didanai asing," ungkap sang menteri.

Wang menekankan bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan China-AS yang didasarkan pada manfaat bersama dan hasil yang saling menguntungkan menjadi kepentingan kedua negara dan berperan sebagai kekuatan penstabil dalam hubungan bilateral.

"Menggeneralisasi keamanan nasional merugikan pertukaran ekonomi dan perdagangan yang normal," ujar Wang.

Dia mengatakan bahwa pihak China siap memulihkan perkembangan yang sehat dan stabil dari hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS lewat keterlibatan dalam pertukaran pemerintah-bisnis secara teratur.

Cook menuturkan bahwa pembangunan pesat China membantu Apple mencapai pertumbuhan yang cepat dan berkelanjutan.

Apple, yang menganggap China sebagai pasar yang penting sekaligus mitra utama dalam rantai pasokan, berkomitmen terhadap pengembangan jangka panjang di China dan akan terus meningkatkan investasi dalam berbagai bidang seperti rantai pasokan serta penelitian dan pengembangan (litbang), papar Cook.

Perusahaan itu akan terus berperan sebagai jembatan komunikasi dan pertukaran antara China dan AS dalam bidang ekonomi dan perdagangan, imbuh Cook.