Jakarta (ANTARA) - Implementasi Telkom Verify di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dimulai pada November 2023 untuk menjawab kebutuhan mendesak akan solusi otentifikasi yang lebih aman.

Keberadaan Telkom Verify di BRI menunjukkan dampak signifikan dalam mengatasi masalah penipuan yang sering memanfaatkan kode OTP melalui SMS.

“Untuk implementasi Telkom Verify di BRI di November 2023, karena di situ juga kita sangat-sangat menanti sebuah solusi baru, dan muncul sebuah metode frauds yang sebenarnya adalah kuncinya kita mengedukasi ke nasabah. Lagi-lagi edukasi ada satu effort yang perlu dan harus kita lakukan, tapi pilihan berikutnya adalah memang di tangan nasabah,” kata Head of Departement, e-Banking Strategy & Product Development Departement BRI Danang Wedhasmara saat Media Update di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Telco Verify jadi solusi autentifikasi inovatif yang lebih aman

Baca juga: Telkomsel ingatkan konsumen tidak unduh berkas .APK


Dengan maraknya modus penipuan berbasis malware, penggunaan Telkom Verify diharapkan dapat meningkatkan keamanan transaksi nasabah.

Dengan sistem ini, risiko kebocoran data dan kesalahan verifikasi dapat diminimalkan, serta memberikan perlindungan lebih baik bagi nasabah.

“Daripada risiko itu masih tidak terkontrol di tangan nasabah, maka kita melakukan pengontrol di mana kemudian Telkomsel memiliki solusi ini. Impact-nya adalah pasti untuk modus fraud dengan berbasis ini sudah tertangani, karena ada banyak modus. Nah modus yang khusus mendapatkan data melalui OTP atau magic link lewat media SMS itu sudah tertangani,” ungkap Danang.

Adapun, BRI menjadi pengguna pertama Telkom Verify pada sektor perbankan. Selain BRI, beberapa institusi perbankan lain, fintech, serta sektor non-perbankan, seperti perusahaan layanan transportasi dan penyedia konten, juga mulai mengimplementasikan solusi ini.

Pertumbuhan penggunaan Telkom Verify di BRI sangat menjanjikan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, trafik dan jumlah pengguna meningkat lebih dari dua kali lipat.

Dengan adanya program pemasaran yang intensif, proyeksi pertumbuhan ke depan diperkirakan akan terus meningkat.

Melalui edukasi yang terus menerus kepada nasabah, Telkom Verify bertujuan untuk menciptakan lingkungan transaksi yang lebih aman dan nyaman, di mana kontrol keamanan tidak hanya berada di tangan pengguna, tetapi juga melalui inovasi teknologi yang efektif.

Baca juga: Telkomsel luncurkan solusi keamanan IoT Sphere

Baca juga: Kominfo sebut tiga perhatian khusus pada keamanan siber nasional