Magelang, Jateng (ANTARA) - Presiden Prabowo Subianto menutup rangkaian agenda hari pertama pembekalan anggota Kabinet Merah Putih, Jumat, dengan menu santap malam di Rumah Makan Husein kompleks Akmil, Magelang.

Mengawali pidato pembukanya, Prabowo menyampaikan terima kasih atas semangat seluruh taruna TNI AD, AU, AL, serta Polri yang telah melaksanakan Upacara Parade Senja.

"Saudara-saudara telah membanggakan kami, senior-seniormu, para pendahulumu," ucapnya.

Apresiasi itu disampaikan Presiden terhadap dedikasi sebanyak 1.200 taruna peserta Parade Senja yang tampil penuh semangat, meski di tengah guyuran hujan deras.

Dalam pidatonya, Kepala Negara mengisahkan tentang sejarah perjuangan panjang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan di Lembah Tidar, tempat di mana Akademi Militer (Akmil) Magelang berada.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan rasa bangga-nya terhadap Akmil yang telah melahirkan para lulusan terbaik angkatan yang kini menjadi pemimpin bangsa.

Baca juga: Presiden Prabowo pimpin Parade Senja di Akmil Magelang

Baca juga: Pengamat nilai pembekalan di Akmil tempa mental para menteri


Lulusan terbaik Akademi Kepolisian peraih Adhi Makayasa yang kini memperkuat Kabinet Merah Putih adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sementara itu, empat dari unsur TNI peraih Adhi Makayasa adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Muhammad Herindra, Wakil Menteri Pertahanan Donny Ermawan, Menteri Transmigrasi Iftitah Sulaiman, dan Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono.

Agenda santap malam itu, sekaligus menutup hari pertama pembekalan bagi anggota kabinet yang sejak pagi buta mengikuti rangkaian kegiatan pembekalan mulai dari latihan baris berbaris, mengikuti arahan Presiden, hingga penyampaian materi seputar program kerja.

Adapun menu yang disajikan dalam bentuk nasi kotak berisi dendeng batokok, brokoli, udang, daging rendang, ayam suwir, dan nasi putih.