Singapura (ANTARA) - Gopay Wallet segera meluncurkan fitur asisten suara berbasis kecerdasan buatan (AI), Dira, untuk seluruh pengguna teknologi finansial (fintek) di Indonesia yang membuat pengalaman transaksi keuangan lebih mudah.

Head of GoPay Wallet, Kelvin Timotius, mengatakan saat ini belum seluruh pengguna GoPay bisa memakai Dira. Penggunaan asisten suara AI tersebut sejatinya telah siap diterapkan hanya untuk saat ini masih terbatas untuk akun terpilh.

"Dira sebagai kecerdasan buatan memungkinkan transfer dan beragam perintah suara pada GoPay tanpa perlu mengetik. Dira sudah diluncurkan tetapi penggunaannya masih terbatas pada beberapa akun," kata Head of GoPay Wallet, Kelvin Timotius, dikonfirmasi di Singapura, Jumat.

Adapun fitur Dira apabila nanti sudah bisa diakses seluruh pengguna GoPay, ia mengatakan maka masyarakat dapat melakukan beragam perintah dengan suara pada aplikasi GoPay sebagaimana pengguna iPhone memakai Siri.

Baca juga: GoPay kini jadi aplikasi mandiri

Baca juga: GoTo bawa inovasi AI lewat Dira si asisten suara berbahasa Indonesia


Selain Siri, saat ini telah terdapat asisten virtual lain yang telah ada seperti Google Assistant, Amazon Alexa, Microsoft Cortana dan Samsung Bixby.
Ilustrasi Google Cloud yang menjadi komputasi awan penopang kecerdasan buatan (AI) Gemini. (ANTARA/ Anom Prihantoro)


Kelvin mengklaim, Dira pada GoPay adalah asisten virtual pertama di Indonesia. Dira memanfaatkan teknologi AI mutakhir seperti Vertex AI dan Gemini 1.5 Flash Google Cloud untuk memahami perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Dira, kata dia, saat ini menyasar pasar Indonesia sehingga penggunaan bahasa Nusantara ini menjadi fokus pengembangan.

Kendati demikian, ANTARA mencoba beberapa perintah menggunakan bahasa Melayu yang masih serumpun bahasa Indonesia dan bisa bekerja sesuai permintaan, pun begitu saat memakai bahasa Inggris.

Adapun Dira memanfaatkan Vertex AI, speech-to-text AI Google Cloud, dan model dasar Gemini 1.5 Flash untuk membantu pengguna aplikasi melakukan beragam perintah suara.

Menggunakan fitur-fitur di aplikasi GoPay dengan Dira dapat dilakukan pengguna dengan mengucapkan apa yang ingin mereka lakukan, misalnya melakukan transfer uang, membeli pulsa, membayar tagihan dan hal terkait perintah pada fintek GoPay.

Ia mengatakan penggunaan AI generatif Gemini 1.5 Flash memberikan kinerja yang baik untuk Dira untuk perintah suara yang akurat dan mulus bagi pengguna GoPay.

Baca juga: Pemanfaatan Google Cloud dalam asisten suara "Dira" milik GoTo

Baca juga: Riset: Gopay, dompet digital yang paling banyak digunakan