Makassar (ANTARA) - PT Masdar Mitra Solar Radiance (MMSR) atau Solar Radiance meresmikan pemasangan PLTS Atap di Mall Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.




“Mall Panakkukang akan berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon dan menjadi salah satu icon penggerak energi terbarukan di Makassar.” ucap Direktur Operasional MMSR Hans Kartika Putra.




Seremoni ini juga bertepatan dengan peringatan hari jadi Mall Panakkukang ke-22. Dengan dilaksanakannya peresmian tersebut, Mall Panakukkang mengambil langkah dalam memberikan kontribusi riil untuk energi hijau terbarukan di Indonesia & dalam mengurangi pemanasan global dunia.




“Kami percaya Solar Radiance akan bersama merealisasikan road map D'Best group untuk energi hijau terbarukan dari tahap pertama ini 1,700 MWh menuju target 15,000 MWh di tahun 2026 atau setara dengan 170,000 pohon yang berumur 10 tahun dalam menyerap karbon per-tahunnya.” ujar Soegianto, Business Development Director D’BEST GROUP selaku pengelola Mall Panakkukang.




Pembangunan PLTS Atap Mall Panakkukang sudah bergulir sejak Juli 2024 dan dijadwalkan akan beroperasi pada pertengahan bulan November 2024 dengan target kapasitas sebesar 1.24 MWp. Selama jangka waktu kerjasama, PLTS Atap Mall Panakkukang ditargetkan dapat menghasilkan 1,700 MWh/tahun yang diproyeksikan mengurangi emisi CO2 sebesar 22,501 metrik ton, yang setara dengan penanaman 577 ribu pohon atau perjalanan mobil sejauh 102 juta kilometer.