Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mendapatkan dukungan dari 500 lebih khatib di Jakarta.

"Hari ini saya dapat dukungan dari sekitar 500-an khatib se-Jakarta. Dukungan diberikan karena saya punya 'track record' (rekam jejak) yang baik dalam menjalankan program-program keumatan," kata Ridwan Kamil saat menghadiri pertemuan dengan para khatib se-DKI Jakarta di Kantor DPD Partai Golkar, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat.

Menurut dia, dalam pertemuan dengan para khatib tersebut, ia memaparkan program-program keumatan yang akan dijalankan oleh pasangan RIDO bila terpilih memimpin Jakarta.


"Tadi saya sampaikan program keumatan. Kami akan dukung dan teruskan. Karena sebagai pemimpin harus adil, tadi juga saya sampaikan bahwa umat beragama lain juga akan kami perhatikan," ujarnya.
Tak hanya itu, dia mengaku akan memperhatikan kesejahteraan mereka.

Baca juga: KPU Jakbar berhentikan pekerja sortir lipat bila tak penuhi target

"Untuk kesejahteraan para khatib yang selama ini memang tidak tersentuh, sudah disepakati. Nanti kami cari, kami hitung untuk diberikan perhatian oleh Pemerintah Provinsi Jakarta di lima tahun ke depan," kata Kang Emil.
Kesejahteraan para khatib layak diperhatikan karena para khatib adalah agen perubahan (agent of change). Para khatib juga punya kemampuan untuk bisa memengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat.


"Saya masih ingat pengalaman sebagai Wali Kota Bandung, saya meminta para khatib untuk berceramah tentang kebersihan. Dalam dua tahun imbasnya bisa kami rasakan. Bandung bisa mendapatkan piala Adipura," katanya.

Hal itu merupakan contoh bagaimana khatib juga bisa memengaruhi masyarakat, karena khatib juga merupakan bagian dari agen pembangunan.

"Termasuk, untuk menyampaikan, memviralkan program-program tentang sekolah gratis, pasar sembako murah, tentang dokter keliling untuk lansia dan lain-lain. Karena membangun Jakarta harus berkolaborasi bersama-sama, saya kira esensinya itu. Terima kasih atas dukungannya, mudah-mudahan RIDO bisa menang satu putaran," katanya.

Baca juga: Bawaslu Jaksel ingatkan parpol patuhi aturan pemasangan APK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung pada 27 November 2024.