Jakarta (ANTARA) - Pembalap Marc Marquez (Gresini Racing) dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) masing-masing memuncaki sesi latihan (PR) dan latihan bebas (FP) hari pertama Grand Prix Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Jumat.

Marquez menjadi yang tercepat pada PR dengan waktu 1 menit 29,165 detik pada sesi ini. Catatan ini menjadi rekor lap tercepat di sirkuit yang terletak di Buriram, Thailand tersebut.

Juara dunia delapan kali itu tampil dominan sejak sesi PR bergulir. Ia mampu mempertahankan kecepatan dan dominasinya setelah kemenangan dramatis pada Grand Prix Australia di Phillip Island, akhir pekan lalu.

Marquez sendiri berada di depan tiga pesaing terberat musim ini, yakni Jorge Martin (Prima Pramac Racing), Enea Bastianini (Ducati Lenovo) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang mengakhiri sesi pada posisi dua, tiga, dan empat.

Baca juga: Diggia tak gentar hadapi GP Thailand sebelum fokus penyembuhan

“Kami akan berusaha melanjutkan kemajuan kami. Balapan terakhir (di Australia) sangat bagus, kami telah konsisten dan cukup cepat untuk memperjuangkan podium, jadi mari kita lihat apakah kami dapat memperjuangkan podium di sini,” kata Marquez dalam keterangan resmi MotoGP pada Jumat.

Sebelumnya, pada sesi FP1, Marco Bezzecchi menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 30,492 detik.

Bezzecchi, yang finis terakhir di Grand Prix Australia, berada di depan Martin, Bagnaia, serta Marc dan Alex Marquez pada sesi pertama Grand Prix Thailand kali ini.

Sementara itu, hari kedua Grand Prix Thailand akan bergulir esok Sabtu. Sesi FP2 berlangsung pukul 10.10 WIB, lalu kualifikasi pada pukul 10.50 WIB, diikuti dengan Sprint pada pukul 15.00 WIB.

Balapan utama GP Thailand akan digelar Minggu lusa pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Jadwal MotoGP Thailand 2024: Kesempatan Jorge Martin menjauh