Banyumas (ANTARA) - Pameran seni renovasi atau memperbaiki rumah maupun bangunan bertajuk Reno Festa 2024 yang digelar di Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, turut memeriahkan Hari Seniman Internasional yang diperingati setiap tanggal 25 Oktober.

"Melalui pameran yang digelar mulai tanggal 25 Oktober hingga 4 November ini, kami ingin memperkenalkan dan mendekatkan seni di setiap kegiatan manusia," kata Ketua Panitia Reno Festa 2024 Sudiro usai pembukaan pameran di Depo Pelita, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Bahkan, kata dia, aktivitas mendekorasi dan memperbaiki rumah maupun bangunan juga merupakan bagian dari seni.


Baca juga: Cara dan syarat ajukan kredit untuk renovasi rumah
Oleh karena itu, lanjut dia, dalam kegiatan tersebut juga dipamerkan berbagai bahan bangunan dan interior yang biasa dibutuhkan saat mendekorasi maupun merenovasi rumah.

"Kami juga menyelenggarakan lomba menggambar, mewarnai hingga membatik khas Banyumas. Tujuannya memperkenalkan seni sejak dini," kata Sudiro.

Sementara itu, pemilik Depo Pelita, Herman Hutanto mengatakan kegiatan tersebut sebelumnya merupakan Pameran Bahan Bangunan, namun pihaknya ingin sesuatu yang baru dengan mengubah konsep pameran menjadi Reno Festa.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya menyediakan arsitek untuk melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait dengan upaya mempercantik rumahnya.

"Kami juga melibatkan 18 perusahaan bahan bangunan, cat, maupun elektronik, termasuk 24 tenant UMKM untuk menyajikan makanan dan minuman selama penyelenggaraan kegiatan," katanya.

Baca juga: Renovasi permukiman urban untungkan jutaan rumah tangga China di 2023

Baca juga: Rencanakan budget renovasi rumah di musim hujan