Kota Magelang, Jateng (ANTARA) - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti mengungkapkan bahwa imam shalat Jumat yang dilaksanakan dalam agenda Retreat Kabinet Merah Putih berasal dari Akademi Militer (Akmil).

“Salat Jumat dilaksanakan di dalam arena retreat. Imam dan khatib dari takmir Akmil,” kata Mendikdasmen saat dihubungi dari Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Baca juga: Presiden tekankan retreat kabinet di Akmil tak bermaksud militeristik

Sementara itu, dia mengatakan bahwa acara retreat berlangsung dalam suasana akrab dan santai. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada suasana yang bersifat militer.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Immanuel Ebenezer juga menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan informasi bahwa imam shalat Jumat berasal dari Akmil.

“Di sini sudah ada khatibnya. Dari sini (Akmil, red.),” kata Ebenezer saat dihubungi dari Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Sebelumnya, hari kedua retreat kabinet diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh pelatih dari Akademi Militer. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Kabinet Merah Putih dibagi lima kelompok. Pada setiap kelompok disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka turut serta dalam latihan tersebut.

Adapun Kabinet Merah Putih melaksanakan kegiatan tersebut dengan mengenakan pakaian lapangan komponen cadangan (komcad).

Setelah berolahraga dan latihan baris-berbaris, Kabinet Merah Putih diagendakan menjalani pembukaan dan pengarahan pertama oleh Prabowo hingga pembekalan oleh pemateri.

Baca juga: Wamenaker dapat hikmah jadi disiplin ala Akmil di retreat Magelang
Baca juga: Retret kabinet, Kapolri-Jaksa Agung tekankan integritas institusi
Baca juga: Prabowo tekankan pesan antikorupsi untuk anggota KMP selama retreat