Jakarta (ANTARA) - Bintang muda San Antonio Spurs, Victor Wembanyama, mengakui tantangan fisik yang dihadapinya saat timnya kalah 120-109 dari Dallas Mavericks dalam pertandingan pembuka musim NBA pada Jumat WIB, setelah bermain terbatas di pramusim.

Wembanyama tampil selama 28 menit dengan mencetak 17 poin, 9 rebound, 1 assist, dan mencatat empat turnover.

"Beberapa momen terasa menyenangkan," ujar Wembanyama seperti dikutip dari laman NBA, Jumat.

"Secara fisik, ini cukup berat, seperti yang sudah saya perkirakan. Tapi ada beberapa momen permainan yang bagus, dan beberapa yang tidak berjalan baik."

Di tengah tantangan yang dihadapinya, Wembanyama tetap memberikan momen menarik bagi para penggemar Spurs. Menjelang akhir kuarter kedua, pemain asal Prancis ini memberi sinyal kepada Chris Paul untuk memberikan umpan.

Paul merespons dengan lob apik, yang berhasil dituntaskan Wembanyama dengan alley-oop pertamanya bersama Spurs, meninggalkan kesan mendalam di pertandingan debut mereka sebagai rekan setim.

Namun, kurang dari lima menit sejak pertandingan dimulai, Pelatih Spurs Gregg Popovich sudah harus menarik keluar Wembanyama yang terlihat kelelahan dan baru saja melakukan kesalahan keduanya.

Popovich, yang sudah memprediksi kemungkinan “karatan” pada Wembanyama usai istirahat panjang di pramusim, tetap mendukung proses adaptasi bintangnya itu. "Saya tidak melihat apakah dia berada dalam kondisi prima atau tidak," ucap Popovich, mengakui tantangan transisi Wembanyama setelah pramusim yang terbatas.

Baca juga: Doncic dan Thompson bersinar, Mavericks tumbangkan Spurs 120-109

Wembanyama, yang sebelumnya tampil untuk Tim Prancis di Olimpiade Paris 2024 hingga akhir musim panas, mengalami kesulitan menembak dengan akurasi hanya 2 dari 8 di babak pertama dan menyumbang seluruh turnover-nya di periode itu.

Meskipun Spurs sempat memimpin 49-47 di paruh pertama, tantangan terus berlanjut bagi pemain berusia 20 tahun ini, yang menyelesaikan pertandingan dengan 3 dari 10 tembakan di babak kedua.

"Ini sulit," ungkap Wembanyama tentang kondisinya.

"Kondisi fisik bukan alasan untuk tembakan yang gagal. Saya akan punya cara lain, senjata lain yang bisa dipakai saat dibutuhkan. Jadi, untuk tembakan yang meleset, ini lebih pada penyesuaian diri untuk kembali terbiasa mengambil tembakan di pertandingan."

Wembanyama berharap bisa mengembalikan kondisi fisiknya dalam satu atau dua pertandingan ke depan. Spurs dijadwalkan menjamu Houston Rockets di Frost Bank Center pada Minggu WIB mendatang, dan ia optimistis akan segera menemukan ritme permainannya.

Di sisi lain, pemain veteran NBA Chris Paul yang menjalani debutnya bersama Spurs, memberikan pandangan positif tentang potensi tim barunya.

"Tapi saya suka perjuangan yang kami tunjukkan. Tidak ada kemenangan moral, tetapi kami bermain melawan tim yang pernah ke Final, yang punya kesinambungan tim," kata Paul.

Paul, yang memulai musim ke-20-nya di NBA, mengaku sangat antusias dengan semangat yang ditunjukkan rekan-rekannya. "Saya sangat senang dengan kilasan permainan yang saya lihat dan apa yang saya tahu tim kami mampu lakukan," tambahnya. Paul melihat potensi besar di Spurs meski tantangan masih menghadang mereka.

Baca juga: Tatum-Brown bawa Celtics kalahkan Wizards 122-102

Baca juga: Ja Morant tampil gemilang saat Grizzlies lucuti Jazz 126-124