Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.890 personel gabungan melakukan pengamanan pelaksanaan debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta yang digelar di Ancol pada Minggu (27/10).

“Saat ini kamu masih menunggu koordinasi dengan pihak KPU dan Ancol,” kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Polisi Ahmad Fuady di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pada Sabtu (26/10) akan dilakukan gladi resik sistem pengamanan dan melakukan survei.

Ia menambahkan, petugas juga akan menurunkan tim K9 atau satuan satwa untuk melakukan pengamanan di lokasi debat tersebut.

“Kami juga akan berkoordinasi nantinya dengan pihak terkait untuk melakukan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan debat,” kata dia.

Baca juga: Polres Jaksel jamin keamanan logistik Pilkada di Gudang Sarinah

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" sebagai tema debat kedua calon gubernur dan wakil gubernur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024 pada 27 Oktober 2024.

"Tema debat kedua tentang Ekonomi dan kesejahteraan Sosial. Untuk tema debat setiap sesinya sudah dirumuskan oleh tim perumus yang merupakan ahli atau pakar di bidangnya," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Debat calon cagub-cawagub Jakarta dijadwalkan berlangsung di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara pukul 19.00 WIB.

KPU DKI membagi segmen menjadi enam yakni segmen satu pemaparan visi dan misi masing-masing pasangan calon (paslon), lalu segmen dua dan tiga para paslon menjawab pertanyaan panelis.

Baca juga: KPU Jakpus temukan 54 surat suara cacat produksi hingga hari ketiga

Kemudian di segmen empat dan lima merupakan tanya jawab antar pasangan calon, dilanjutkan segmen enam yakni pemberian pernyataan penutup dari pasangan calon.

Tema yang diangkat dalam debat perdana yakni “Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global”.

Debat diikuti paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

KPU DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap ketiga pada 17 November 2024 atau 10 menjelang hari pemungutan suara yakni pada 27 November 2024.