Beijing (ANTARA) - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Wuzhen Konferensi Internet Dunia (World Internet Conference/WIC) 2024 dijadwalkan akan berlangsung dari 19 hingga 22 November di kota air Wuzhen di Provinsi Zhejiang, China timur, yang akan menyoroti empat poin penting, berdasarkan konferensi pers, Kamis (24/10).

Dalam KTT tahun ini, acara penganugerahan penghargaan kontribusi kehormatan (distingushed contribution award) akan digelar untuk memberi pengakuan kepada individu dan perusahaan yang telah memberikan kontribusi luar biasa di bidang internet global.

Di bawah kerangka kerja WIC, KTT tersebut juga akan mencakup pembentukan komite khusus tentang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), peluncuran program kerja sama wadah pemikir (think tank), dan pembentukan institut pelatihan digital internasional.

Mengusung tema "Menyambut Masa Depan Digital yang Berpusat pada Manusia dan AI untuk Kebaikan - Membangun Komunitas dengan Masa Depan Bersama di Dunia Maya", ajang edisi 2024 itu akan menggelar 24 subforum dengan berbagai topik seperti inisiatif pembangunan global, ekonomi digital, dan tata kelola data, serta serangkaian kegiatan lainnya.

Sejak 2014, KTT Wuzhen telah berhasil diselenggarakan selama 10 tahun berturut-turut. Saat ini, WIC memiliki sekitar 170 anggota, yang terdiri dari institusi, organisasi, perusahaan, dan individu dari 30 lebih negara dan kawasan di enam benua.