• Perusahaan tersebut dianugerahi dua penghargaan utama atas prakarsa terobosan terbarunya dalam energi panas bumi terbarukan dan keunggulan efisiensi yang inovatif

  Abu Dhabi, Uni Emirat Arab--(ANTARA/Business Wire)-- Tabreed, perusahaan pendingin distrik terkemuka di dunia, telah dianugerahi penghargaan dalam ajang bergengsi Asian Power Awards 2024, yang diadakan minggu ini di Singapura. Mengakui Tabreed sebagai kampiun pendingin berkelanjutan yang telah lama berdiri, para juri memberikan dua penghargaan penting kepada perusahaan ini: ‘Geothermal Power Project of the Year – Gold’ (Proyek Tenaga Panas Bumi Terbaik Tahun Ini – Emas) dan ‘District Cooling Initiative of the Year – UAE’ (Prakarsa Pendinginan Distrik Tahun ini – UEA).

 

Asian Power Awards adalah acara bergengsi yang memberikan penghargaan kepada proyek-proyek dan prakarsa inovatif dan penuh terobosan dari perusahaan-perusahaan listrik dan energi. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang telah mengambil langkah yang berdampak besar untuk mengatasi dampak krisis iklim sekaligus memenuhi permintaan energi yang terus meningkat. Hadir mewakili Tabreed dan menerima dua penghargaan pada malam itu adalah Irshad Hussain, Vice President - Projects.

 

Proyek Tenaga Panas Bumi Terbaik Tahun Ini

 

Bersama mitra strategisnya, ADNOC, Tabreed menjadi yang terdepan dalam pendinginan berkelanjutan dengan Proyek Panas Bumi 'G2COOL' di Kota Masdar, Abu Dhabi. Proyek ini mulai beroperasi pada bulan Desember 2023, dengan fasilitas inovatif yang menggunakan energi panas bumi untuk menyediakan layanan pendinginan dan terintegrasi dengan jaringan pendingin distrik yang sudah ada sebelumnya. Fasilitas ini merupakan fasilitas pendingin distrik pertama dari kelasnya di wilayah Teluk, membantu dekarbonisasi pendinginan di Kota Masdar dan sejalan dengan Strategi Energi Nasional UEA 2050.

 

Pembangkit ini memanfaatkan air panas dari sumber panas bumi di bawah tanah untuk menyalakan chiller absorpsi khusus, yang mencapai efisiensi listrik yang luar biasa, yaitu 0,5 hingga 0,55 kW per ton pendinginan (RT), dibandingkan dengan 0,85 kW per RT pada sistem pendingin distrik konvensional. Energi panas bumi menghasilkan emisi yang minimal dibandingkan dengan metode tradisional, sehingga mendukung tujuan UEA untuk melakukan diversifikasi sumber energi dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

 

Prakarsa Pendinginan Distrik Tahun Ini - UEA

 

Penghargaan ini diberikan atas studi rintisan di salah satu pabrik Tabreed di Abu Dhabi yang berkolaborasi dengan HT Materials Science (HTMS) Irlandia, untuk mengeksplorasi potensi teknologi cairan nano revolusioner yang dikenal sebagai 'Maxwell', yang telah direkayasa untuk meningkatkan perpindahan panas. Tabreed mendapati bahwa, dengan menggunakan Maxwell dalam siklus air dingin, maka ia mencapai peningkatan yang mengesankan dalam efisiensi sistem pendingin sekitar 15%.

 

Maxwell, diambil dari nama James Clerk Maxwell, ilmuwan perintis yang pertama kali mengembangkan konsep cairan nano pada abad ke-19, adalah suspensi partikel aluminium oksida sub-mikron yang direkayasa dalam fluida dasar air atau air/glikol ('cairan nano') – sebuah aditif drop-in untuk sistem pendingin dan pemanas, yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi perpindahan panas pada sistem pendingin tanpa memerlukan alat atau penggantian peralatan yang rumit.

 

Mengomentari penghargaan tersebut, Chief Executive Officer Tabreed, Khalid Al Marzooqi, mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi pengingat penting bahwa perusahaannya tidak hanya menjalankan operasi ramah lingkungan, namun juga berkomitmen lebih luas terhadap masa depan yang lebih hijau. “Upaya kami untuk mencapai efisiensi energi tidak mengenal batas,” katanya. "Kami unggul dalam industri yang sangat penting ini dengan pendekatan inovatif kami, di mana kami mengupayakan segalanya untuk mengurangi konsumsi energi dan dampaknya terhadap lingkungan. Saya sangat bangga dengan apa yang telah dicapai oleh segenap karyawan Tabreed dan penghargaan ini merupakan pengakuan atas langkah-langkah penting yang kami ambil untuk mengurangi karbon di sektor bangunan."

 

Sebelumnya, Tabreed telah menyampaikan rencananya untuk memperluas jaringan internasionalnya dengan fokus utama di Asia Tenggara. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1998 ini telah beroperasi di enam negara dengan portofolio pembangkit listrik tenaga air yang semakin bertambah, saat ini berjumlah 91 unit. Seiring dengan semakin banyaknya negara yang mengalami dampak buruk dari kenaikan suhu global, permintaan akan pendingin pun meningkat dengan cepat. Sebagai yang terdepan dalam pendinginan distrik yang berkelanjutan di dunia, keberadaan Tabreed mampu mencegah jutaan ton emisi CO2 melalui penghematan energi yang substansial.

 

Tentang Tabreed:

 

Tabreed menghadirkan layanan pendinginan distrik esensial dan berkelanjutan untuk pembangunan ikonik di Timur Tengah dan Asia – penggerak utama kemajuan bagi masyarakat, komunitas, dan lingkungan di seluruh dunia menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan. Didirikan pada tahun 1998 dan terdaftar secara publik di Pasar Keuangan Dubai, perusahaan ini adalah salah satu yang memiliki pertumbuhan terkuat di UEA.

 

Melalui operasi regional dan internasionalnya yang luas, keandalan dan efisiensi yang terdepan di industri, program R&D, dan investasi dalam teknologi AI, Tabreed adalah yang terdepan di industri pendingin distrik. Selain pendinginan distrik, layanan efisiensi energi Tabreed meningkatkan manfaat kelestarian lingkungan perusahaan, membantu bisnis dan organisasi untuk meningkatkan konsumsi energi mereka secara keseluruhan, yang pada gilirannya mencegah emisi CO2 dan membantu pencapaian tujuan netralitas karbon.

 

LinkedIn

 

*Sumber: AETOSWire

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

 

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/54141284/en

 

Kontak

Samer Al Tawil

Senior Manager, Marketing and Engagement

saltawil@tabreed.ae

 

Kevin Hackett

Assistant Manager, External Communications

khackett@tabreed.ae

 

Sumber: Tabreed