Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mendorong pemuda Indonesia untuk memperdalam pemahaman mengenai hubungan kedua negara melalui The Indonesia-USA 75 Youth Ambassadors Exchange Program.

“Mereka akan memiliki pemahaman yang lebih baik dan mendalam mengenai hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat serta betapa pentingnya hal ini bagi kedua negara,” kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir ditemui di rumah dinasnya di Jakarta, Jumat.

Dubes Lakhdir menuturkan kesepuluh pemuda yang mengikuti program selama 3 minggu tersebut akan mengunjungi lima kota, yakni Washington DC, Boston, Concord, Detroit dan Seattle.

Melalui kunjungan ke lima kota tersebut, lanjut dia, para peserta diharapkan dapat melihat keberagaman dan kompleksitas Amerika Serikat sehingga mereka dapat membantu menjembatani hubungan antara kedua negara pada masa mendatang.

“(Pemilihan kota) untuk menyoroti keberagaman dan tantangan yang ada di Amerika Serikat dan juga untuk menyoroti luasnya AS dari pantai timur hingga pantai barat, wilayah perkotaan dan kota-kota kecil untuk memberikan pengalaman yang sangat luas kepada para peserta,” ucapnya.

Baca juga: Dubes Kamala boyong 108 kampus tarik pelajar dari Bali kuliah di AS

The Indonesia-USA 75 Youth Ambassadors Exchange Program merupakan program pertukaran khusus dalam rangkaian program yang menghormati 75 tahun hubungan AS-Indonesia.

Kesepuluh peserta pertukaran adalah alumni dewasa muda dari Program Beasiswa Akses Bahasa Inggris (Access) Departemen Luar Negeri AS yang dipilih untuk program pertukaran khusus tersebut melalui proses yang kompetitif.

Para pemuda tersebut akan berangkat ke Amerika Serikat pada dini hari 26 Oktober dan dijadwalkan bertemu dengan perwakilan dari pemerintah federal dan lokal, akademisi, organisasi masyarakat, serta kelompok agama dan etnis. Para peserta juga akan mengalami perayaan Halloween dan Hari Pemilihan saat berada di Amerika Serikat.

Salah satu peserta asal Pontianak bernama Sukarti mengaku sangat menantikan pertemuan dengan komunitas lokal untuk melihat dan merasakan langsung keberagaman kebudayaan dan agama yang ada di Amerika Serikat

“Akan ada election (Pemilu) juga, ingin tahu live-nya seperti apa. Banyak hal yang ingin di-explore dan dibawa kembali karena Pontianak kota kecil, semoga dengan program ini bisa share lagi ke adik-adik mahasiswa,” kata dia.

Baca juga: Dubes AS perkuat kemitraan dengan Presiden Terpilih Prabowo