Manado (ANTARA) - Dewan Asuransi Indonesia (DAI) bersama PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re) menggandeng PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tingkatkan literasi dan inklusi pelaku UMKM, di Kota Manado, Sulut.

"Kami mengingatkan pelaku UMKM Kota Manado, Sulawesi Utara akan pentingnya memiliki asuransi sebagai jaminan keamanan dalam perlindungan usaha," kata Ketua Panitia Hari Asuransi 2024 Ronny Ahmad Iskandar, di Manado, Kamis

Dia berkomitmen melakukan rangkaian literasi dan inklusi asuransi bagi para pelaku UMKM bekerjasama dengan PT Permodalan Nasional Madani, sebagai bentuk apresiasi atas peran UMKM yang selama ini merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan memiliki pengaruh yang besar atas tumbuhnya perekonomian negara.

Sehingga, katanya, diperlukan pemahaman dan edukasi akan pentingnya berasuransi untuk dapat melindungi kestabilan keuangan mereka dalam menjalankan usaha.

Hari Asuransi diperingati setiap tanggal 18 Oktober dan pada tahun 2024 ini merupakan perayaan yang ke-18 tahun.

Sebagaimana hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2024, hasil survei menunjukkan indeks literasi keuangan Masyarakat Indonesia sebesar 65,43 persen, naik dibanding tahun 2022 yang hanya 49,68 persen.

Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini sebesar 72,02 persen hal ini menunjukkan tingkat inklusi menurun dari tahun 2022 sebesar 85,10 persen.

"Hal ini menjadi tantangan kami untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada Masyarakat, melalui Panitia Hari Asuransi 2024 dan juga kolaborasi dengan seluruh Asosiasi-Asosiasi perasuransian di bawah naungan DAI," katanya.

Tahun 2024, pihaknya menyelenggarakan kembali serangkaian kegiatan literasi dan inklusi di berbagai daerah dengan kembali mengusung tema “Literasi Asuransi Untuk Negeri” dan tagline “Pahami-Miliki-Lindungi”, hal tersebut sejalan dengan Peta Jalan Industri Perasuransian Indonesia 2023-2027 yang telah dicanangkan OJK.

Kegiatan literasi tahun 2024 ini dilaksanakan di 16 daerah di Indonesia.