Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak peran aktif pemuda untuk bersama-sama menggali seluruh potensi wisata guna mendukung pembangunan sektor pariwisata di daerah itu.

Penjabat sementara Bupati Bangka Barat Hendriwan di Mentok, Kamis, mengatakan, seiring dengan proses penggalian potensi wisata yang ada di daerah, perlu disertai dengan dukungan dan partisipasi aktif dalam kegiatan promosi potensi yang dimiliki.

"Kami berharap upaya ini bisa memberikan dampak positif terhadap pembangunan sektor pariwisata daerah sehingga nantinya akan lebih dikenal luas di luar daerah," katanya.

Ia mengatakan, beberapa hari lalu telah menerima kunjungan putra-putri ekowisata Babel dan memberikan apresiasi positif atas berbagai upaya yang telah dilakukan kelompok tersebut untuk kemajuan sektor pariwisata daerah.

"Kami mendukung aksi kawan-kawan putra putri ekowisata Babel, hal ini penting dalam promosi wisata dan budaya yang ada di Babel, khususnya di Bangka Barat," katanya.

Menurut dia, pola promosi yang dilakukan bisa melalui media sosial maupun secara tatap muka agar potensi yang ada di daerah itu semakin dikenal, sehingga banyak wisatawan luar daerah yang datang ke Bangka Barat.

"Hal ini penting untuk pemerintah daerah, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, mereka harus mampu menggali seluruh potensi wisata dan lebih giat dalam melakukan promosi," katanya.

Alumni Bujang Dayang Bangka Barat, Agung Permana mengatakan, kunjungan ke penjabat sementara Bupati Bangka Barat tersebut selain untuk bersilaturahim juga sekaligus meminta dukungan terhadap rencana keberangkatan putera puteri ekowisata Babel ke ajang nasional.

"Tahun ini kebetulan putra putri ekowisata perwakilan dari Babel merupakan bujang-dayang dari Bangka Barat, mereka akan mewakili provinsi dalam kompetisi putra putri ekowisata tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Bali pada November 2024,' katanya.

Melalui pertemuan tersebut, selain mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah diharapkan duta daerah tersebut bisa memberikan yang terbaik dalam kompetisi itu dan mampu menjadi perwakilan Babel dalam hal promosi wisata dan budaya, terutama ekowisata.

"Sektor ekowisata ini masih cukup baru dan harus menjadi salah satu perhatian kita untuk mulai mempromosikan potensi ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat fasilitasi pelestarian Pesta Adat Suku Jerieng
Baca juga: Pemkab Bangka Barat faslitasi Pesta Adat Dusun Belar
Baca juga: Pemkab Bangka Barat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif