Jakarta (ANTARA) - Bicara Udara dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) berkolaborasi dalam mengakselerasi beragam program inisiatif untuk meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih di Indonesia.

"Kolaborasi ini memperkuat misi kami dalam memberikan edukasi dan advokasi bagi masyarakat untuk menghadapi tantangan polusi udara," kata Co-Founder Bicara Udara Novita Natalia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dukungan tersebut akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Sehingga dia mengapresiasi atas dukungan BNI.

Ia menyampaikan bahwa Bicara Udara sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada edukasi dan advokasi peningkatan kualitas udara di Indonesia.

Baca juga: Isu kualitas udara diharapkan jadi prioritas para calon kepala daerah

Ia berharap program Bicara Udara dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kualitas udara, sekaligus mendorong aksi nyata untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan penuh BNI dalam program-program Bicara Udara. Kerja sama ini memungkinkan kami untuk terus memperluas edukasi terkait pentingnya kualitas udara bersih, khususnya bagi komunitas dan keluarga di Indonesia," tuturnya.

Dengan kolaborasi itu, lanjut Novita, Bicara Udara mempercayai bahwa kesadaran masyarakat akan semakin meningkat dan langkah-langkah nyata dapat diambil untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Adapun, program-program kolaborasi BNI dengan Bicara Udara, di antaranya peluncuran modul edukasi bertajuk "Generasi produktif harus waspada polusi udara” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kualitas udara bersih di Indonesia.

Baca juga: Pemerintahan Prabowo diharapkan atasi polusi udara jadi prioritas

Modul itu diluncurkan dalam acara "Momtastic" yang diadakan pada 29 September 2024 di Jakarta, yang melibatkan komunitas ibu-ibu dan masyarakat luas.

BNI juga mendukung pelaksanaan acara Biru Talks yang diselenggarakan Bicara Udara pada event The Sustainability Xperience (TSX) 2024 pada 5 Oktober 2024, sebagai bagian dari kampanye peningkatan kesadaran akan kualitas udara bersih.

Program tersebut melibatkan diskusi panel dan presentasi dari berbagai pakar lingkungan, dengan tujuan memberikan wawasan lebih dalam ke masyarakat mengenai langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi dampak polusi udara.