Palembang (ANTARA) - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menawarkan peluang studi lanjutan program Doktor Ilmu Kependudukan untuk para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

"Kami percaya bahwa pendidikan tinggi memegang peranan penting dalam memajukan daerah. Melalui kerja sama antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah, kita dapat menghasilkan solusi-solusi inovatif yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia serta pembangunan ekonomi daerah," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkab OKI Nursula di OKI, Kamis.

Ia menyebutkan bahwa Universitas Gadjah Mada merupakan universitas yang memiliki kualitas tingkat dunia dan menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas serta berdaya saing tinggi.

"Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, Universitas Gadjah Mada dengan berbagai riset dan keilmuan yang mendalam, tentunya dapat menjadi mitra strategis bagi kami dalam mewujudkan kabupaten yang maju, berdaya saing, dan sejahtera," terangnya.

Baca juga: Mahasiswa UGM olah limbah cangkang kerang jadi semen ramah lingkungan
Baca juga: Pemprov Papua terima kunjungan kedubes Inggris bahas beasiswa bagi ASN
Ia juga berharap bahwa kerja sama antara Universitas Gadjah Mada dan Pemerintah Kabupaten OKI tidak hanya sebatas kerja sama akademik tetapi memiliki peluang kerja sama pendampingan bagi masyarakat lokal.

"Semoga pertemuan kita hari ini dapat menjadi awal dari kerja sama berkelanjutan yang membuka peluang untuk program-program yang lebih spesifik, seperti penelitian kolaboratif, pengabdian masyarakat, pelatihan, dan pendampingan bagi masyarakat lokal," tutupnya.

Sementara itu Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kependudukan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Sri Rum Giyarsih dalam paparannya menjelaskan bahwa bagi para ASN di lingkungan Pemkab OKI yang berminat melanjutkan studi S3 di UGM, khususnya Doktor Ilmu Kependudukan tersedia berbagai pilihan beasiswa.

"ASN di OKI yang berminat melanjutkan studi S3 Doktor kependudukan Sekolah Pascasarjana UGM tidak perlu khawatir soal biaya, karena tersedia berbagai macam beasiswa." katanya.

Ia juga mengatakan bahwa UGM juga menyediakan program by research, yang memungkinkan bagi para ASN untuk berkuliah secara jarak jauh tanpa harus meninggalkan pekerjaan serta tetap dapat menduduki jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKI.

"Kami punya program yang namanya Studi by research, jadi mahasiswa S3 khususnya yang mendapatkan beasiswa dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bisa berkuliah secara daring, tentunya untuk para ASN ini menjadi keuntungan tersendiri, karena tetap bisa bekerja seperti biasa dan tetap bisa menduduki jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKI," tutupnya.

Baca juga: Pemkab OKI fasilitasi 304 pencari kerja untuk magang ke Jepang
Baca juga: Pemkab OKI susun Rencana Perlindungan Ekosistem Gambut jangka panjang