Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkuat sektor parekraf, salah satunya melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) yang menangani sektor itu.

Kepala Pusat Pengembangan (Pusbang) SDM Parekraf, Andar Danova L. Goeltom dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan peningkatan kualitas SDM ASN ini dilakukan lewat Pelatihan Jabatan Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf di Ciwidey Valley Resort, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada 21-26 Oktober 2024.

Menurutnya, salah satu faktor penting dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 adalah pembangunan SDM yang menjadi pondasi utama dalam mempercepat pembangunan dan meningkatkan daya saing global.

"ASN memegang peranan kunci dan strategis dalam menentukan kejayaan Indonesia sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan. ASN bertanggung jawab atas implementasi kebijakan publik, pengelolaan sumber daya negara, dan pelayanan kepada masyarakat," kata Andar.

Ia menuturkan, ASN yang profesional dan berkualitas berperan penting sebagai motor penggerak birokrasi serta sebagai pelopor dan pelaksana pengelolaan dan pengembangan parekraf yang berkualitas dan berkelanjutan.

Kehadiran sektor parekraf yang berdaya saing dan berkelanjutan, serta mengedepankan kearifan lokal tentunya menjadi salah satu lokomotif untuk mewujudkan Indonesia maju menuju Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, Kemenparekraf sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf bertugas melaksanakan pembinaan terhadap para ASN dengan jabatan tersebut. Pelatihan ini diyakini sebagai salah satu strategi pengembangan
kompetensi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan penguasaan keterampilan di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

Melalui pelatihan ini, para adyatama diharapkan dapat mengembangkan kompetensi manajerial dan sosial kultural serta kompetensi teknis.

"Harapannya, peserta di masa mendatang dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia melalui pelayanan berkualitas, promosi yang efektif di pasar global, dan peningkatan kualitas SDM," ujarnya pula.

Selain itu, juga mendongkrak pengembangan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam setiap aspek kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk pengembangan produk, promosi, dan penyelenggaraan acara.

Baca juga: Pelatihan SDM sektor parekraf mampu tingkatkan daya saing
Baca juga: Pemerintah hadirkan pengembangan SDM parekraf lewat sertifikasi
Baca juga: Pemerintah ungkap SDM jadi kunci memajukan sektor parekraf nasional