Padang (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade memaparkan sejumlah rencana pembangunan infrastruktur jalan di Ranah Minang guna mendukung roda perekonomian masyarakat.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga terkait rencana lelang pembangunan jalan Aia Dingin yang berada di antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan," kata anggota DPR RI daerah pemilihan Sumbar Andre Rosiade di Padang, Kamis.

Baca juga: Presiden resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan

Hal tersebut disampaikan Andre Rosiade di sela-sela peninjauan pembangunan Tol Padang-Sicincin bersama PT Hutama Karya Persero.

Andre yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut mengatakan awalnya lelang proyek jalan yang akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu dilaksanakan pada awal 2025. Namun, pihaknya mengupayakan agar lelang bisa lebih dipercepat yakni November 2024.

Setelah proyek itu selesai, Andre akan melobi pemerintah pusat untuk pembangunan jalan yang menghubungkan Payakumbuh-Lintau Kabupaten Tanah Datar. Kedua rencana proyek strategis ini diharapkan mampu mempercepat pembangunan di Ranah Minang.

"Jadi itu komunikasi intens yang kami lakukan dengan Direktorat Jenderal Bina Marga," ujarnya.

Menurut Andre, kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat sangat dibutuhkan untuk membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Ranah Minang.

"Pembangunan tersebut diharapkan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Secara terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar Muzli M Nur mengatakan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2024-2029 nanti harus bisa memastikan anggaran tersedia untuk kelanjutan pembangunan sejumlah proyek strategis daerah yang hingga kini belum tuntas.

"Pendanaannya dapat bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ataupun alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara," kata dia.

Baca juga: Hutama Karya siapkan dua rest area Tol Padang-Sicincin
Baca juga: Anggota DPR minta segera lunasi pembayaran lahan tol Pekanbaru-Padang
Baca juga: Siap-siap, Tol Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar segera bertarif