PBB (ANTARA) - Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Development Programme/UNDP) pada Rabu (23/10) memproyeksikan bahwa ekonomi Lebanon dapat menyusut 9,2 persen pada 2024 jika eskalasi konflik terus berlanjut hingga akhir tahun.

Skala keterlibatan militer, konteks geopolitik, dampak kemanusiaan, dan kolapsnya perekonomian pada 2024 diperkirakan akan jauh lebih besar dibandingkan pada 2006, menurut laporan tersebut dalam sebuah penilaian cepat yang dipublikasikan pada Rabu.

Eskalasi konflik pada September lalu menambah kompleksitas dalam krisis ekonomi dan keuangan parah yang sudah dialami Lebanon selama lima tahun terakhir. Akibatnya, ekonomi negara tersebut diperkirakan akan mengalami kontraksi sebesar 9,2 persen jika konflik berlanjut hingga akhir tahun 2024, menurut laporan itu.

UNDP mengatakan meskipun konflik berakhir pada akhir 2024, ekonomi Lebanon diperkirakan akan menyusut 2,3 persen pada 2025 dan 2,4 persen pada 2026. Tanpa dukungan internasional yang substansial, prospek ekonomi Lebanon akan tetap suram.

Prospek ekonomi jangka menengah yang buruk tersebut dikaitkan dengan perlambatan drastis dalam hal aktivitas ekonomi, upaya pemulihan dan rekonstruksi yang diprediksi akan berjalan lambat akibat kelemahan institusional, serta kerugian modal yang signifikan di semua sektor, termasuk infrastruktur, bangunan, pabrik, peralatan, dan utilitas, menurut laporan itu.

Konflik tersebut memunculkan implikasi ekonomi jangka pendek yang mendalam, termasuk kontraksi signifikan di sektor-sektor utama, seperti pariwisata, pertanian, manufaktur, dan perdagangan. Gangguan pada rute perdagangan dan rantai pasokan, serangan langsung, serta berkurangnya permintaan konsumen membuat sebagian besar kegiatan bisnis terpaksa ditutup atau ditangguhkan.
Pengungsi asal Lebanon bersiap melewati Penyeberangan Perbatasan Masnaa di Lebanon, pada 18 Oktober 2024. (Xinhua/Taher Abu Hamdan)


UNDP memperkirakan tingkat pengangguran akan naik hingga 32,6 persen per akhir tahun ini, mencerminkan ketidakmampuan ekonomi dan hilangnya pekerjaan secara signifikan di Lebanon.

Sejak 2019, perekonomian Lebanon terdampak parah oleh serangkaian krisis yang melanda secara beruntun, yang mengakibatkan kontraksi 28 persen dalam produk domestik bruto (PDB) antara tahun 2018 hingga 2021, menurut UNDP.

Perkembangan terkini, bersama dengan tantangan struktural yang dihadapi Lebanon, akan menaikkan tingkat kemiskinan dan kerentanan masyarakat, menurut laporan tersebut, seraya menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memobilisasi bantuan kemanusiaan dan bantuan pembangunan sesegera mungkin demi mendukung stabilitas ekonomi, sosial, dan kelembagaan negara tersebut.