Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono menilai suatu hal yang wajar bila presiden mengganti menterinya yang tidak searah, termasuk tidak mendukung program makan bergizi untuk anak-anak dan ibu hamil.

"Jadi kalau memang, dan menteri itu adalah pembantu presiden, kalau menterinya tidak searah dengan presiden, ya sudah sewajarnya kalau ada pergantian," kata Dave di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikannya merespons pernyataan Presiden RI Prabowo Subianto yang mempersilakan menteri maupun kepala lembaga/badan khusus di Kabinet Merah Putih keluar dari pemerintahan jika tidak mendukung program Makan Bergizi.

Sebab, kata dia, presiden memiliki hak prerogatif untuk menentukan arah pemerintahan di bawah kepemimpinannya.

"Ya, itu sudah hak prerogatif beliau dong sebagai presiden, Pak Prabowo sebagai Presiden, dia memiliki hak konstitusi, hak prerogatif," ujarnya.

Namun, Dave meminta publik agar melihat terlebih dahulu bagaimana Kabinet Merah Putih yang baru saja dilantik Presiden RI Prabowo Subianto bekerja.

"Ini baru minggu pertama, jadi jangan terlebih dahulu mendalami hal tersebut, tapi kita dukung kebijakan presiden agar benar-benar terasa lebih baik," kata dia.

Sebelumnya, Rabu (23/10), Presiden RI Prabowo Subianto mempersilakan kepada para menteri maupun kepala lembaga/badan khusus di Kabinet Merah Putih untuk keluar dari pemerintahan jika tidak mendukung program Makan Bergizi untuk anak-anak dan ibu hamil.

Saat memberikan arahan pada pengantar Sidang Kabinet Paripurna, yang merupakan sidang kabinet perdana, yang dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto, program Makan Bergizi untuk anak-anak dan ibu hamil merupakan hal yang strategik.

"Saya haqulyakin. Saya pertaruhkan ... saya pertaruhkan kepemimpinan saya. Bagi saya, makan bergizi untuk anak-anak dan ibu hamil ini adalah strategik. Yang tidak mendukung hal ini silakan keluar dari pemerintah yang saya pimpin," kata Presiden Prabowo di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca juga: Prabowo: Silakan keluar dari pemerintahan jika tak dukung makan bergizi

Baca juga: Badan Gizi sebut TNI dan BUMDes mitra penting program Makan Bergizi