Jakarta (ANTARA) - SMA Taruna Nusantara (TN) merupakan salah satu sekolah menengah atas yang memiliki reputasi tinggi di Indonesia, terutama dalam menyiapkan generasi muda yang berpotensi untuk berkarier di bidang militer dan kepemimpinan.

SMA Taruna Nusantara menjadi salah satu SMA bertaraf internasional di Indonesia. Kendati demikian, sekolah ini tetap menerapkan kurikulum pemerintah seperti sekolah pada umumnya.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah semua lulusan SMA Taruna Nusantara harus menjadi Angkatan Militer (Akmil) seperti Angkatan Darat, Angkatan Laut, atau Angkatan Udara?

Lalu, apakah lulusan SMA Taruna Nusantara diwajibkan untuk menjadi anggota Akademi Militer (Akmil)? Dan apa saja keuntungan dari bersekolah di sini? Berikut adalah ulasannya.

Apakah lulusan SMA Taruna Nusantara harus menjadi Akmil?

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah swasta favorit dan bukan sekolah kedinasan. Sehingga setelah lulusnya mereka dapat memilih sesuai karier yang diinginkan baik itu menjadi guru, dosen, pebisnis, penulis, jurnalis, pemerintahan atau bahkan ikut andil di bidang politik.

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP) dari Kementerian Pertahanan.

Kendati demikian, semua dari segi lulusan dikembalikan sesuai dengan daya tarik setiap siswanya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Universitas, Akpol atau Akmil, Kedinasan, bahkan melanjutkan ke luar negeri dan lainnya.

Sekolah ini menggunakan konsep semi militer sebagai bekal jika ada pelajar yang ingin masuk seleksi Akmil ataupun Akpol.

Secara keseluruhan, tidak semua lulusan SMA Taruna Nusantara harus menjadi Akmil atau Akpol. Meskipun sekolah ini memberikan fondasi yang kuat untuk berkarier di bidang militer, alumni juga memiliki banyak pilihan untuk meniti karier di berbagai sektor lainnya.

Dengan demikian, lulusan SMA Taruna Nusantara didorong untuk mengeksplorasi semua kemungkinan yang ada dan memilih jalur karier yang paling sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai yang mereka pilih.

Keunggulan SMA Taruna Nusantara

1. Menanamkan jiwa nasionalisme
2. Mengajarkan siswa untuk tangguh dan peduli
3. Melatih berpikir ke depan
4. Mengembangkan soft skills

Baca juga: Cara daftar SMA Taruna Nusantara

Baca juga: Syarat dan biaya masuk SMA Taruna Nusantara Magelang

Baca juga: Profil dan sejarah SMA Taruna Nusantara Magelang