Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur berhasil menyelesaikan penyortiran dan pelipatan sebanyak 2.435.878 lembar surat suara dalam tahapan Pilkada Jakarta 2024.

"Alhamdulillah pelipatan surat suara berjalan lancar ya. Dari waktu yang kami targetkan selama 10 hari, namun dalam waktu empat hari pelipatan surat suara telah selesai," kata Ketua KPU Jaktim Tedi Kurnia di gudang logistik KPU Jaktim, kawasan Industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, Kamis.

Baca juga: KPU Jaktim temukan 343 surat suara rusak
Untuk pelipatan dan penyortiran surat suara itu, kata dia, pihaknya mengerahkan 270 tenaga profesional, yang sudah terbiasa melakukan pelipatan surat suara.

"Awalnya jumlah petugas yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara sebanyak 300 orang lebih, namun seiring berkurangnya surat suara, maka jumlah petugas juga dikurangi," kata dia.

Tahapan selanjutnya, kata Tedi, pihaknya akan segera mendistribusikan logistik Pilkada, termasuk surat suara ke tingkat kecamatan pada 1 November nanti.

Baca juga: KPU Jaktim mulai melakukan pelipatan surat suara Pilkada Jakarta
"Kemungkinan pendistribusian logistik ke gudang KPU Jaktim yang berada di 10 kecamatan mulai dilakukan pada 1-14 November 2024," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jumlah surat suara yang rusak berupa warna yang tidak merata, sobek/kusut, dan gambar tidak jelas sebanyak 376 lembar surat suara.

"Surat suara yang rusak kita laporkan ke KPU DKI Jakarta untuk diganti yang baru oleh pihak percetakan. Malam ini kita rekap, diharapkan besok selesai disortir dan dilipat," kata Tedi.

Baca juga: Jaktim tindak tegas ASN tidak netral di Pilkada Jakarta
KPU DKI Jakarta menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung 27 November 2024.