Jakarta (ANTARA) - SMA Taruna Nusantara Magelang merupakan salah satu sekolah unggulan yang dikenal memiliki kualitas pendidikan tinggi dengan kurikulum yang terpadu. Sekolah ini fokus pada pengembangan akademik dan karakter demi mencetak generasi muda yang siap memimpin dan berkontribusi bagi bangsa.

Dalam proses pendaftaran, calon siswa diharuskan memenuhi beberapa persyaratan yang meliputi usia, prestasi akademik, dan kesehatan. Selain itu, mereka juga harus melalui serangkaian tes seleksi yang dirancang untuk menilai kemampuan akademik dan potensi kepemimpinan.

Berikut syarat dan rincian biaya masuk sekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang:

Syarat masuk SMA Taruna Nusantara Magelang

1. Nilai rapor untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

2. Nilai semester harus minimal 80, dan rata-rata nilai semester 1-4 untuk setiap mata pelajaran harus minimal 85.

3. Jika syarat di atas tidak terpenuhi, tetapi siswa memiliki prestasi yang baik di bidang akademik, olahraga, seni budaya, atau organisasi di tingkat kota/kabupaten, atau menjabat sebagai ketua OSIS, maka dengan nilai per semester minimal 75 dan rata-rata nilai semester 1-4 minimal 80 dapat dipertimbangkan.

4. Konversi nilai bagi siswa dari sekolah internasional yang menggunakan skala 1-4 atau A-D harus disahkan oleh dinas pendidikan setempat atau Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

5. Memiliki hasil tes IQ dengan skor minimal 110 (tidak wajib, tetapi menjadi nilai tambah), yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan berlaku maksimal 6 bulan sebelum pendaftaran.

Biaya masuk SMA Taruna Nusantara Magelang

Biaya masuk di sekolah ini dibagi menjadi tiga jalur berbeda untuk penerimaan siswa baru. Berikut adalah rincian biaya sekolah SMA Taruna, berdasarkan ketiga jalur penerimaan siswa:

1. Jalur Iuran Sekolah (IS)

Siswa yang diterima melalui jalur Iuran Sekolah akan membayarkan sejumlah komponen pembiayaan, termasuk:

• Uang pangkal: Rp50 juta (dibayarkan satu kali saat diterima).

• Uang komite sekolah: Rp1 juta (dibayarkan satu kali saat diterima).

• Iuran uang sekolah atau SPP: Rp5 juta per bulan (dibayar paling lambat pada tanggal 5) selama masa pendidikan di SMA Taruna Nusantara.

• Sumbangan sukarela: Siswa yang diterima melalui jalur ini dibebaskan dari Uang Kontribusi Khusus, tetapi tetap diwajibkan untuk membayar sumbangan sukarela sesuai dengan kemampuan finansial mereka (dibayarkan satu kali saat diterima).

2. Jalur Beasiswa (BS)

Untuk jalur beasiswa, hanya terdapat komponen sumbangan sukarela yang dibayarkan satu kali saat diterima, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

• Siswa yang diterima melalui jalur beasiswa akan dibebaskan dari beberapa komponen biaya, seperti Uang Pangkal, Uang Komite Sekolah, Uang Kontribusi Khusus, dan Biaya Operasional Pendidikan.

• Meskipun demikian, siswa yang berhasil diterima lewat jalur Beasiswa di SMA Taruna Nusantara tetap diharuskan membayar sumbangan sukarela sesuai dengan kemampuan mereka.

3. Jalur Kontribusi Khusus (KK)

Siswa yang diterima melalui jalur kontribusi khusus akan dikenakan sejumlah komponen biaya, termasuk:

• Uang Pangkal: Rp50 juta (dibayarkan satu kali saat diterima).

• Uang Komite Sekolah: Rp1 juta (dibayarkan satu kali saat diterima).

• Uang Kontribusi Khusus: Rp125 juta (dibayarkan satu kali saat diterima).

• Biaya operasional pendidikan atau SPP: Rp5 juta per bulan selama pendidikan

• Sumbangan sukarela: Sumbangan sukarela sesuai kesanggupan finansial (dibayarkan satu kali saat diterima)

Harap diperhatikan, persyaratan dan rincian biaya masuk tersebut mengacu pada informasi penerimaan siswa baru SMA Taruna Nusantara tahun pelajaran 2024/2025, sehingga Anda harus memperbarui informasi saat mendaftar di tahun ajaran 2025/2026.

Untuk memastikan adanya perubahan atau penyesuaian persyaratan dan biaya, Anda dapat mengunjungi langsung sekolah atau mengecek pembaruan di situs resmi SMA Taruna Nusantara Magelang.


Baca juga: Profil dan sejarah SMA Taruna Nusantara Magelang

Baca juga: AHY motivasi siswa SMA Taruna Nusantara sambut Indonesia Emas 2045

Baca juga: Dinas Pendidikan siapkan lahan 7,5 hektare untuk SMA Taruna Kasuari