Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin sebelum berangkat ke Akademi Militer di Magelang menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Wang Lutong di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis pagi.

Keduanya berdiskusi membahas isu-isu terkini, termasuk menjajaki peningkatan kerja sama pertahanan RI-China ke depan.

“Keduanya berharap peluang baru dalam hubungan bilateral tidak hanya terbatas pada kerja sama pertahanan, tetapi juga pada peningkatan stabilitas dan kemakmuran di kawasan,” kata Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kemenhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menjelaskan isi pertemuan Menhan Sjafrie dengan Dubes Lutong.

Edwin melanjutkan Menhan Sjafrie juga menyampaikan langsung keinginannya agar Indonesia dan China ke depan dapat menggelar latihan militer bersama.

“Saya berkomitmen untuk memperkuat kerja sama kita terutama dalam bidang pertahanan. Saya sangat menghargai hubungan bilateral kita yang kokoh, dan (saya) berhadap dapat meningkatkan kemitraan ini untuk kepentingan bersama,” kata Menhan Sjafrie ke Dubes China sebagaimana dikutip dari siaran resmi Kemenhan RI yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuan itu, Dubes Lutong juga mengucapkan selamat secara langsung kepada Sjafrie atas jabatan barunya sebagai Menteri Pertahanan RI Periode 2024–2029.

Dalam pertemuan itu, beberapa pejabat utama Kementerian Pertahanan ikut hadir mendampingi Sjafrie, di antaranya Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Marsekal Madya TNI (Purn.) Donny Ermawan Taufanto dan Direktur Kerja Sama Internasional Pertahanan Kemenhan Brigjen TNI Airlangga.

Selepas menerima kunjungan kehormatan itu, Menhan Sjafrie dan Wamenhan Donny bertolak ke Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, pada Kamis sore. Keduanya bersama jajaran menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih pimpinan Presiden Prabowo Subianto bakal menerima pembekalan di Lembah Tidar pada 25–27 Oktober 2024.

Di Lembah Tidar, jajaran menteri dan wakil menteri bakal bermalam di tenda-tenda di Kompleks Akmil, mengenakan seragam loreng, dan mengikuti serangkaian kegiatan di antaranya aktivitas luar ruangan (outbond), selain acara-acara pembekalan yang dipimpin Presiden Prabowo.

Jajaran menteri itu berangkat ke Magelang bersama-sama menumpang pesawat C-130 J Super Hercules TNI Angkatan Udara, dan mereka kompak mengenakan atasan kemeja berwarna putih serta topi berwarna biru gelap.

Baca juga: Menhan Sjafrie pimpin rapat perdana, minta update dari dirjen

Baca juga: Menhan Sjafrie terima memorandum jabatan dari Presiden Prabowo