Beijing (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong menawarkan rasa Nusantara kepada masyarakat di Hong Kong melalui ajang "Indonesia Week" yang akan diselenggarakan pada 1-3 November 2024.

"Indonesia Week Hong Kong 2024 merupakan kegiatan terpadu terkait Indonesia yang terbesar di Hong Kong," kata Konsul Jenderal RI Hong Kong Yul Edison dalam keterangan tertulis kepada Antara di Beijing, China pada Kamis.

Acara "Indonesia Week Hong Kong 2024" akan diselenggarakan pada Jumat-Minggu, 1-3 November 2024 dengan diawali Forum bisnis perdagangan, pariwisata dan investasi pada 1 November 2024 di Conrad Hotel Hong Kong dengan tema "Navigating the New Landscape and Future Opportunities in Southeast Asia’s Largest Economy".

Dalam forum tersebut akan hadir sejumlah pembicara kunci maupun panelis dalam diskusi panel antara lain Chief Executive of Hong Kong John Lee, Wakil Menteri Keuangan Indonesia Suahasil Nazara dan Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun.

"Saya percaya Indonesia Week Hong Kong 2024 dapat semakin memperkuat hubungan Indonesia-Hong Kong, bukan hanya di bidang ekonomi namun juga dalam people-to-people exchange," tambah Konsul Yul Edison.

Selanjutnya pada 2-3 November 2024 akan ada Festival Budaya Indonesia di Wan Chai Harbourfront yaitu ruang terbuka dekat dermaga "Wan Chai Ferry Pier" mulai pukul 10.30-17.30 waktu setempat.

Dalam festival budaya itu disuguhkan bazaar makanan khas Indonesia, workshop kebudayaan serta berbagai penampilan tari dan musik tradisional.

Sejumlah restoran di Hong Kong akan ikut dalam bazaar makanan tersebut antara lain Kedai Indo, Kampoeng, In-Mar, Pandan Leaf dan lainnya. Sementara di anjungan lain ada berbagai produk khas Nusantara dari Dinas perindustrian dan perdagangan Semarang, Naralia Group Indonesia, Ellyhan Jewelery, Kebaya-Kebaya, Sabda Batk, Dekranasda Jabar, BSI, BRI, Bank Mandiri, Pertamina, Garuda Indonesia, Wondr, Telin, Echo Nusantara, Dharma Wanita dan pihak lainnya.

Selanjutnya hiburan yang akan ditampilkan dalam acara tersebut antara lain berbagai tarian tradisi Nusantara, pencak silat, pagelaran fesyen, penampilan angklung, hingga pembuatan kerajinan tangan khas Indonesia seperti batik cetak dan topeng.

Sedangkan penampil yang akan menyemarakkan Indonesia Week Hong Kong 2024 antara lain kelompok musik Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hong Kong, musisi dan komposer yang saat ini juga menjadi Staf Khusus Presiden Prabowo Subianto, Yovie Widiyanto serta Arsy Widiyanto dengan band-nya, KIM.

Masih ada juga penampilan dua penyanyi dangdut dari Liga Dangdut Rara dan Hari untuk menutup rangkaian acara.

Pemerintah Indonesia diketahui sudah menerapkan kebijakan bebas visa untuk kunjungan singkat bagi pemegang paspor Hong Kong sejak Agustus 2024 untuk mendorong jumlah wisatawan Hong Kong ke Indonesia.

Indonesia Week Hong Kong 2024 merupakan kerja sama KJRI Hong Kong dengan sejumlah pihak seperti Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Hong Kong, Indonesia Incorporated, dan PPI Hong Kong.

Acara tersebut juga didukung Wondr by Bank Negara Indonesia, IndoMarket, Garuda Indonesia, Yue Hwa Chinese Products First Pacific, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia, Inacham Hong Kong, Hong Kong ASEAN Foundation, Kamar Dagang Indonesia (KADIN), Argyle Street Management, Hong Kong Society for Indonesian Studies dan Berita Indonesia.

Baca juga: KJRI Hong Kong perluas pelayanan terpadu ke Pulau Cheung Chau
Baca juga: KJRI Hong Kong bantu perluas peluang ekspor UMKM Bali