Jakarta (ANTARA) - Setahun telah berlalu sejak kekejaman rezim Zionis di Gaza, Palestina yang membantai lebih dari 42.000 wanita, anak-anak, dan warga sipil Palestina.

Kejahatan-kejahatan ini tidak hanya terus berlanjut tetapi juga meningkat.

Hal itu ditandai dengan pelanggaran berulang terhadap hukum humaniter internasional, Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik (termasuk serangan terhadap Konsulat Republik Islam Iran di Damaskus), pelanggaran kedaulatan nasional melalui tindakan seperti pembunuhan Shahid Ismail Haniyeh, kepala Biro Politik Hamas di Teheran, dan agresi militer terhadap negara-negara Asia Barat lainnya, termasuk serangan misil ke daerah pemukiman di Lebanon selatan dan pembunuhan Shahid Sayyed Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderal Hizbullah.

Rezim tersebut, setelah pernyataan dari seorang menteri dalam kabinet ekstremis Netanyahu pada November 2023, menegaskan perlunya penggunaan bom atom di Jalur Gaza yang kembali membahayakan stabilitas dan keamanan regional serta global dengan mengancam serangan nuklir.

Meskipun kebijakan rezim Zionis yang tidak transparan dan ambigu terkait dengan persenjataan nuklirnya, bukti sejarah menunjukkan bahwa Israel mulai segera membangun fasilitas penelitian nuklirnya di Dimona yang terletak di Gurun Negev setelah Badan Yahudi mengumumkan negara Zionis di wilayah yang diduduki pada tahun 1948.

Pada akhir 1950-an, sejumlah fasilitas ini sudah memiliki reaktor nuklir dan pabrik pengolahan, dengan reaktor Dimona mulai beroperasi pada pertengahan 1963 dan memproduksi senjata nuklir yang dapat digunakan pada akhir 1966, sebelum Perang Enam Hari Arab-Israel pada tahun 1967.

Program nuklir Israel pertama kali terungkap pada 13 Desember 1960 ketika majalah Time menerbitkan artikel yang menyatakan bahwa sebuah "negara non-komunis, non-NATO" sedang mengejar pengembangan atom.

Tiga hari kemudian, Daily Express di London mengidentifikasi negara ini sebagai Israel. Pada 18 Desember, John Alexander McCone, Ketua Komisi Energi Atom AS, secara resmi mengungkapkan pembangunan reaktor nuklir Israel dalam sebuah konferensi pers sebelum mengundurkan diri segera setelahnya.

Pada tahun 1968, CIA mengkonfirmasi dalam penilaian intelijen nasional yang sangat rahasia bahwa Israel memiliki senjata nuklir yang memicu kekhawatiran di dalam pemerintahan Nixon mengenai risiko perlombaan senjata nuklir di Asia Barat.

Kekhawatiran ini semakin meningkat oleh penolakan Israel untuk menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) pada Juli 1968.

Bahkan Amerika Serikat, saat itu memiliki lebih dari 31.000 hulu ledak nuklir, tidak dapat memaksa Israel untuk mematuhi NPT.

Ketidakpatuhan Israel terus berlanjut terhadap NPT, dilaporkan disebabkan oleh ketakutan Tel Aviv terhadap pengawasan IAEA terhadap kegiatan nuklirnya, merupakan bukti yang jelas akan sifat non-damai dari upaya nuklirnya selama bertahun-tahun.

Menurut laporan Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) pada Juni 2024, Israel saat ini memiliki 90 hulu ledak nuklir yang dapat dikerahkan.

Selain itu, dengan perkiraan cadangan plutonium antara 750–1.110 kilogram (cukup untuk memproduksi 300 senjata nuklir), enam kapal selam kelas Dolphin-I dan Dolphin-II yang mampu mengerahkan hulu ledak nuklir, rudal balistik jarak menengah Jericho III dengan kemampuan serangan nuklir, dan penempatan ranjau nuklir di Dataran Tinggi Golan, Israel menjadi ancaman yang semakin besar bagi perdamaian dan keamanan Asia Barat dan sekitarnya.

Ancaman rezim Zionis terhadap keamanan regional dan global selama tujuh dekade, terutama dalam setahun terakhir, dan kegagalan mekanisme internasional untuk membendung kejahatannya telah membawa umat manusia ke salah satu periode paling berbahaya dalam sejarah modern.

Ini sebagian besar disebabkan oleh dukungan luas AS dan beberapa negara Barat untuk Israel, penerapan standar ganda di berbagai bidang, dan ketidakpedulian komunitas internasional terhadap pelanggaran Israel yang terus berlanjut terhadap hukum internasional.

Sementara standar internasional diterapkan secara selektif untuk membenarkan kejahatan rezim Zionis, kehidupan warga Palestina, Lebanon, dan lainnya yang tidak bersalah hilang setiap harinya.

Standar-standar ini telah dieksploitasi secara selektif dan strategis di panggung internasional.

Di tengah kegiatan nuklir non-damai Israel dan kemampuan aktual serta potensialnya untuk membahayakan perdamaian dan keamanan regional serta global—mulai dari ancaman penempatan senjata nuklir hingga persenjataan nuklirnya yang luas—keprihatinan beberapa pemimpin terhadap program nuklir damai Iran menjadi sangat mencolok.

Iran adalah negara Asia kedua setelah Jepang yang menandatangani dan meratifikasi Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) pada Juli 1968.

Sejak Revolusi Islam pada tahun 1979, Iran tetap berkomitmen pada perjanjian ini dan perjanjian serta hukum internasional lainnya.

Setelah sanksi yang tidak adil dikenakan pada kegiatan nuklir Iran, Iran menandatangani Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) pada Juli 2015 untuk menunjukkan sifat damai dari program nuklirnya.

Namun, penarikan sepihak Amerika Serikat pada Mei 2018, ditambah dengan ketidakpatuhan negara-negara Barat terhadap komitmen mereka dan penerapan kembali sanksi ilegal dan menindas terhadap kegiatan nuklir damai Iran, membuat JCPOA menjadi tidak efektif.

Tidak seperti Amerika Serikat dan sekutunya, Republik Islam Iran secara konsisten mematuhi kewajiban internasionalnya berdasarkan prinsip "pemenuhan janji," yang merupakan pokok ajaran Islam dan landasan hukum internasional, dengan menjaga kerja sama penuh dengan badan dan organisasi internasional.

Penarikan Amerika Serikat dari JCPOA tidak hanya semakin merusak kredibilitas globalnya tetapi juga menantang tatanan hukum dunia, tatanan yang telah menghadapi keruntuhan yang akan datang akibat pelanggaran berulang Israel terhadap hukum dan perjanjian internasional selama setahun terakhir.

Sekarang saatnya bagi komunitas global dan lembaga internasional, terutama Badan Energi Atom Internasional (IAEA), untuk menghadapi sumber ancaman terhadap perdamaian dan stabilitas regional serta internasional—rezim apartheid Israel—dan menerapkan mekanisme pencegahan yang efektif terhadap rezim palsu ini.

*) Faezeh Jannati Moheb adalah Kepala Bagian Politik Kedutaan Iran.
Pandangan yang dikemukakan dalam halaman ini merupakan pendapat penulis dan tidak mencerminkan kebijakan atau posisi resmi Kantor Berita ANTARA.