Jakarta (ANTARA) - Seorang mahasiswa asal Indonesia di Curtin University, Australia bernama Bustanul Arifin terpilih kembali menjadi wakil seluruh mahasiswa di perguruan tinggi itu.

“Arifin menjadi salah satu dari total 15 dewan senat Curtin University yang diketuai oleh Chancellor, dan anggotanya berisi Vice-Chancellor (Rektor), perwakilan pemerintah, alumni, dosen, staf, perwakilan mahasiswa, dan utusan independen,” demikian keterangan Bustanul kepada Antara di Jakarta, Rabu.

University Council merupakan dewan senat tertinngi di universitas Australia, atau biasa juga dikenal Board of Trustees atau Senate di negara lain.

Tugasnya bersama anggota lain dewan yakni untuk membantu perumusan dan pengembangan program dan strategi manajemen universitas, memastikan terlaksananya good governance dalam pengelolaan universitas dan bertanggung jawab mengelola kampus Curtin University di luar negeri yang berada di Singapura, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Mauritius.

Apabila di Indonesia ada Majelis Wali Amanat (WMA) dan Dewan Senat Universitas selaku badan yang memiliki tanggung jawab tertinggi dalam pengelolaan universitas, maka di negara seperti Australia, Inggris, dan Amerika Serikat, badan pengelola tertinggi sebuah universitas adalah University Council atau sering disamakan dengan Board of Trustees atau Senate.

Rektor sebuah universitas atau sering disebut Vice-Chancellor wajib melakukan laporan rutin kepada University Council dan melaksanakan arahan dan keputusan dari anggota University Council, dan setiap kebijakan penting universitas harus mendapatkan persetujuan anggota.

Bustanul adalah PhD Candidate yang sedang menempuh pendidikan doktoral di jurusan International Relations sejak awal tahun 2023. Ia merupakan penerima program Beasiswa Pendidikan Indonesia dari Kemendikbudristek yang didanai oleh LPDP.

Pria yang biasa bekerja sebagai executive consultant dan juga dosen di Jakarta itu sebelumnya menyelesaikan pendidikan master di Inggris di jurusan International Relations dan pendidikan sarjana di President University di Indonesia dengan jurusan yang sama.

Dia juga menjabat Presiden dari organisasi mahasiswa Muslim Indonesia bernama Curtin Indonesian Muslim Student Association (CIMSA) di Curtin University.

Bustanul juga merupakan Presiden badan perhimpunan mahasiswa atau yang biasa disebut Student Guild di kampus Australia periode 2023-2024.