Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat memasang hidran mandiri di Gang Ibu RW 03 Kemanggisan, Palmerah untuk mengantisipasi kebakaran di kawasan tersebut.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Putut Jantoko menyebutkan bahwa pemasangan hidran mandiri itu disertai pemasangan pipa sepanjang 755 meter di RW 03 Kemanggisan yang melintasi sejumlah RT, yakni RT 10,11,12,13, 14, 15 dan 16.

"Kami bangun hidran mandiri di RW 03 dengan anggaran berjumlah Rp2,7 miliar. Pembangunan hidran dilakukan pada kawasan padat penduduk yang rawan kebakaran," kata Putut di Jakarta pada Rabu.

Selain itu, di lokasi tersebut tak bisa dimasuki armada Gulkarmat dan sumber air yang sulit.

Putut mengatakan bahwa pemasangan hidran mandiri yang dimulai pada pertengahan September ditargetkan selesai pada November 2024. Pengerjaannya diserahkan ke pihak swasta.

"Di sepanjang pemasangan pipa hidran, terdapat 13 boks hidran yang memuat selang hidran dengan panjang 30 meter. Setiap boks hidran bisa tampung air 14 meter kubik," kata dia.

Baca juga: Gulkarmat DKI bangun hidran mandiri di 16 lokasi yang sulit sumber air
Baca juga: Sekitar 70-80 persen hidran di Jakarta berfungsi baik


Pihaknya berkoordinasi dengan warga, termasuk pengurus RT dan RW serta kelurahan terkait pengerjaan pemasangan pipa hidran yang menyodet jalan agar proses pengerjaannya berjalan lancar.

Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakarta Barat juga berkoordinasi dengan Sudin Bina Marga terkait perbaikan aspal jalan yang terkena sodetan selang hidran.

Dengan adanya hidran mandiri, petugas Redkar atau warga yang telah mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran nantinya bisa menggunakan hidran dalam penanganan dini bila terjadi kebakaran.

"Harapannya bisa mengurangi kasus kebakaran di Jakarta Barat," katanya.