Jakarta (ANTARA) - Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) menegaskan komitmennya untuk menjaga kerukunan serta persatuan umat beragama.

"Alhamdulillah, tentunya saya sangat berterima kasih kepada Pak Prabowo atas kepercayaannya, memberikan tugas saya sebagai Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan. Saya akan bersungguh-sungguh dalam mengemban tugas ini," ucap Miftah dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Miftah merasa bersyukur dengan kepercayaan Prabowo Subianto yang diberikan kepadanya sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan.

Ia juga membenarkan bahwa Presiden RI Prabowo Subianto selalu menitip pesan kepadanya tentang menjaga persatuan serta kerukunan umat beragama jauh sebelum Prabowo Subianto menjabat sebagai Presiden RI.

"Jauh-jauh hari, pesan tersebut memang sudah lama Pak Prabowo sampaikan ke saya untuk menjaga kerukunan serta persatuan umat beragama," tutur dia.

Baca juga: Prabowo lantik Raffi hingga Gus Miftah jadi Utusan Khusus Presiden

Baca juga: Gus Miftah diminta bangun komunikasi internasional terkait toleransi


Gus Miftah dilantik sebagai Utusan Khusus Presiden bersama dengan enam tokoh lainnya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10).

Pelantikan Utusan Khusus Presiden itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 76/M tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI tahun 2024-2029, yang ditetapkan di Jakarta 21 Oktober 2024 oleh Presiden Prabowo Subianto.

Berikut tujuh Utusan Khusus Presiden yang dilantik Prabowo:

1. Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan.

2. Setiawan Ichlas sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan.

3. Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan.

4. Raffi Farid Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.

5. Ahmad Ridha Sabana sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital.

6. Mari Elka Pangestu sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan Internasional dan Kerja Sama Multilateral.

7. Zita Anjani sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata.