Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengalami peningkatan Indeks Pelayanan Publik (IPP) tahun 2024 dengan kategori A atau berpredikat sangat baik.

Kemenpora meraih indeks 4,31 berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI Nomor 489 Tahun 2024 tentang hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di kementerian dan lembaga tahun 2024.

"Alhamdulillah pelayanan publik Kemenpora makin tahun makin meningkat, makin bisa dipercaya oleh publik. Ini patut kita syukuri atas prestasi yang kita terima dari KemenPAN-RB,” tutur Sekretaris Kemenpora (Seskemenpora) RI Gunawan Suswantoro dalam keterangan resmi, Rabu.

Indeks tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan usai pada tahun 2023, Kemenpora memperoleh IPP 2023 dengan indeks 3,77 poin dan masuk dalam kategori B.

Baca juga: Kemenpora raih penghargaan dalam puncak HKJS 2024

Gunawan Suswantoro menjelaskan peningkatan IPP tidak dapat dilepaskan dari kinerja Kemenpora yang terus menyempurnakan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pelayanan publik yang dimiliki saat ini. Tak terkecuali juga sarana prasarana bagi kelompok rentan penyandang disabilitas melalui penyediaan sarana-sarana difabel.

“Dan alhamdulillah Kemenpora juga pernah mendapatkan penghargaan atas fasilitas difabel tersebut,” ujar Gunawan Suswantoro.

Lebih lanjut kenaikan indeks tersebut menurut Sesmenpora Gunawan tidak dapat dilepaskan dari pelayanan-pelayanan publik yang terus menjadi perhatian Kemenpora seperti ruang bermain untuk anak-anak dan ruang laktasi sebagai fasilitas khusus bagi ibu-ibu menyusui.

Kemenpora kini juga telah memiliki perpustakaan serta pojok baca digital yang kekinian dan berkembang pesat. Perpustakaan tersebut kini justru menjadi konsep yang ditiru oleh sejumlah kementerian-kementerian.

Baca juga: Kemenpora luncurkan aplikasi kebugaran pelajar

“Lalu sarana prasarana yang menjadi ciri khas Kemenpora itu kita perbanyak. Lapangan kita hampir tidak ada sepinya karena dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder untuk berolahraga dan kegiatan-kegiatan kepemudaan. Alhamdulillah itu yang kita sudah bisa wujudkan,” terang Sesmenpora.

Menurut Sesmenpora Gunawan, evaluasi akan terus dilakukan Kemenpora dalam menuju pelayanan publik yang lebih baik lagi. Di samping peningkatan sarana prasarana yang sudah ada, Kemenpora akan mendorong inovasi pelayanan publik di seluruh program kerja.

“Jadi dalam program-program kerja yang diampu masing-masing asdep di Kementerian Pemuda dan Olahraga yaitu di kedeputian kepemudaan dan juga di kedeputian keolahragaan, perlu didorong untuk inovasi,” ucap Sesmenpora.

Baca juga: Taufik Hidayat ingin buktikan kelola atlet agar berprestasi dunia
Baca juga: Menpora luncurkan Inaspro untuk dorong kemajuan industri olahraga