Jakarta (ANTARA) - Dalam hidup bermasyarakat, penting untuk memberikan dukungan sosial kepada sesama, karena hal tersebut bisa memberikan rasa aman, perhatian, dan emosi positif pada orang lain.

Selain diberikan oleh keluarga dan teman dekat, dukungan juga bisa diberikan oleh komunitas. Lewat dukungan yang baik, seseorang bisa memiliki kesejahteraan mental, emosional, serta fisik yang optimal.



Apa Itu Dukungan Sosial?
Dukungan sosial adalah bentuk hubungan positif dari pihak lain kepada diri sendiri, sehingga tak merasa sendirian atau kesepian. Jadi ketika Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa meminta tolong pada orang lain jika tak bisa mengusahakannya sendiri.



Dalam kehidupan sehari-hari, dukungan seperti ini bisa memudahkan. Karena seseorang bisa menghadapi tantangan jadi lebih mudah, meminimalisir kemungkinan stress, serta membuat diri merasa lebih berharga.



Jenis Jenis Dukungan Sosial
Dukungan Emosional
Jenis yang pertama adalah dukungan emosional, yakni dukungan yang paling umum didapatkan oleh seseorang. Dukungan ini berbentuk kasih sayang, perhatian, serta pengertian dari orang lain. Mendengar dan memahami orang lain tanpa niat menghakimi merupakan salah satu bentuk dukungan emosional.



Dukungan Informasional
Jenis dukungan sosial berikutnya adalah dukungan informasional, bentuk dukungan ini berupa pemberian nasihat, arahan atau informasi. Harapannya, seseorang yang mendapatkan dukungan informasional akan lebih mudah dalam memecahkan masalah.



Dukungan Instrumental
Ada pula bentuk dukungan instrumental yang mencakup bantuan praktis. Bisa berupa memberikan bantuan finansial, meminjamkan barang, atau membantu mengerjakan tugas. Bentuk yang paling umum dari dukungan ini adalah memberikan pinjaman uang saat seseorang membutuhkan.



Dukungan Online
Terakhir adalah bentuk dukungan daring atau online. Pemberian dukungan ini dilakukan lewat sosial media atau internet, tanpa harus bertatap muka langsung. Pemberian dukungan online bisa memberikan dampak positif pada orang lain, yakni perasaan bahagia, bersyukur, serta tak sendirian.



Manfaat Memberikan Dukungan Sosial
Memberikan dukungan sosial kepada orang lain tak boleh dianggap sepele. Ini karena dukungan yang tepat bisa membuat seseorang lebih kuat menjalani hari. Setidaknya ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pihak penerima dukungan, antara lain:



Mengurangi Stress
Ketika mendapat dukungan dari orang lain, hidup pun terasa lebih ringan. Kemungkinan stress yang akan dialami juga bisa menurun. Secara tak langsung, kesehatan tubuh bisa tetap berjalan optimal selama menyelesaikan masalah.



Menjaga Kesehatan Mental
Kesehatan mental seseorang yang mendapatkan dukungan secara sosial dinilai lebih baik dari mereka yang tidak mendapatkannya. Pasalnya orang yang mendapatkan dukungan sosial kuat punya kesehatan mental yang lebih baik. Apalagi jika hubungan sosialnya juga berjalan sama baiknya.



Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Seseorang yang mendapatkan dukungan sosial tidak akan merasa rendah diri. Hal ini bisa terjadi karena orang tersebut merasa dihargai, dicintai, serta dianggap ada. Dengan begitu, mereka bisa lebih menerima diri sendiri dan yakin atas keputusan yang dibuat.



Cara Membangun Dukungan Sosial yang Kuat
Agar dukungan bisa dirasakan oleh semua pihak, perlu langkah dan upaya yang tepat untuk melakukannya, misalnya dengan menjaga komunikasi tetap terbuka. Anda bisa berbicara jujur kepada teman atau keluarga mengenai masalah yang dimiliki.



Jika malu berbicara dengan mereka, Anda bisa memanfaatkan jasa curhat online. Karena dilakukan secara daring, proses bercerita pun bisa dilakukan lebih leluasa. Empati dan sikap yang jujur menjadi kunci hubungan dan dukungan sosial yang baik.



Anda juga bisa meluangkan waktu dengan orang lain saat sedang mengalami masalah. Berpartisipasilah pada kegiatan yang melibatkan orang lain. Lewat cara ini, Anda bisa memperkuat ikatan sosial dan membuat kesejahteraan mental terjaga.



Apabila cara-cara ini tak bisa dilakukan, langkah yang terbaik adalah mencari dukungan profesional. Masalah yang Anda alami bisa saja membutuhkan penanganan khusus, sehingga pihak profesional menjadi pilihan yang terbaik.



Pilihan pihak profesional yang bisa Anda pertimbangkan adalah konselor, terapis, psikolog, hingga psikiater. Masing-masing memiliki porsinya sendiri untuk membantu masalah Anda. Jangan lupa untuk tetap terbuka mengenai masalah yang dimiliki.



Mulailah dengan menggunakan layanan curhat daring sebagai langkah permulaan. Teman curhat dan konsultasi akan memberikan dukungan sosial yang Anda butuhkan saat mengalami masalah. Temukan teman curhat terbaik lewat tautan berikut ini.