Jakarta (ANTARA) - Profesi dokter memiliki tempat istimewa dalam masyarakat karena peran vitalnya dalam menjaga dan memulihkan kesehatan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Tradisi luhur yang melekat pada profesi ini telah memberikan fondasi bagi pelayanan medis berkualitas tinggi yang diberikan oleh para dokter di seluruh dunia.

Tradisi luhur profesi dokter dapat ditelusuri hingga ribuan tahun lalu. Perkembangan ilmu medis membentuk dasar-dasar profesi dokter, dengan pendekatan yang berfokus pada pengobatan berdasarkan bukti dan upaya untuk memahami tubuh manusia dengan lebih mendalam.

Dokter-dokter masa lalu seperti Hippocrates, Galen, dan Avicenna menjadi panutan dalam bidang medis. Mereka mengajarkan nilai-nilai seperti etika, pengabdian, dan kecerdasan dalam memperlakukan pasien. Nilai-nilai inilah yang membentuk fondasi etika profesi dokter hingga saat ini.

Nilai-nilai tersebut juga tercermin dalam prinsip pelayanan tanpa batas yang dipegang teguh oleh dokter-dokter modern. Dokter memberikan pelayanan tanpa memandang latar belakang, ras, agama, atau status sosial pasien. Dokter juga tak hanya merawat individu yang sakit, tetapi juga bekerja untuk mencegah penyakit dan mempromosikan gaya hidup sehat. Hal ini mencerminkan komitmen dokter terhadap kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Mengikuti tradisi luhur profesi ini, dokter terus mengikuti perkembangan medis terbaru, mengambil pendekatan berbasis bukti dalam pengobatan, dan membuat penelitian untuk meningkatkan pemahaman tentang penyakit dan pengobatannya. Penggunaan teknologi medis terkini dan adopsi praktik terbaik adalah bagian integral dari tradisi tersebut, yang juga melibatkan kolaborasi dengan anggota tim medis lainnya. Kerja sama tim medis diperlukan untuk memberikan pelayanan yang komprehensif dan terintegrasi kepada pasien. Sikap saling menghormati dan mendengarkan pandangan dari berbagai disiplin ilmu adalah bagian integral dari budaya kolaboratif ini.

Tradisi luhur profesi dokter adalah tonggak penting dalam dunia medis. Dedikasi yang kuat terhadap kesehatan, pelayanan tanpa batas, pengembangan ilmu pengetahuan, dan kolaborasi tim medis menggambarkan inti dari profesi ini.

Dokter- dokter tidak hanya merawat penyakit fisik, tetapi juga mendukung kesejahteraan emosional dan mental pasien mereka. Ikatan Dokter Indonesia percaya, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ini, profesi dokter akan terus memberikan kontribusi yang tak ternilai dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan umat manusia.

Perkembangan dunia medis dalam beberapa tahun terakhir ini juga sangat mempengaruhi dunia profesi kedokteran. Revolusi industri 4.0 seakan menghilangkan batasan-batasan yang selama ini membentuk hidup manusia secara fundamental.

Pengembangan telemedisin dan pengobatan jarak jauh menjadi lebih mudah karena lalu lintas data yang semakin mudah. Perkembangan teknologi Artificial Intelligent (AI) juga diharapkan dapat mempermudah para dokter dalam memberikan pelayanan yang lebih akurat.

Namun di sisi lain, persoalan keamanan data dan juga persoalan etik juga tak bisa dikesampingkan sebagai akibat dari perkembangan ini.

Masalah kesehatan berubah seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi memberikan solusi dari berbagai masalah kesehatan, namun di saat yang sama, perkembangan teknologi menyebabkan perubahan dinamika sosial dan kultural, membuat masalah kesehatan semakin kompleks.

Tantangan tersebut muncul dari aspek medis, seperti resistensi berbagai antimikroba yang semakin mengkhawatirkan, maupun aspek non-medis seperti permintaan pengguna layanan kesehatan yang semakin beralih ke pelayanan kesehatan berbasis digital. Hal ini menjadi salah satu tantangan besar bagi pemerintah, penyedia layanan kesehatan, maupun organisasi profesi kesehatan, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Perkembangan teknologi, selain bertanggung jawab terhadap terciptanya “era disruptif” yang sangat sulit diprediksi, juga menyebabkan pergeseran generasi baik dari aspek psikologis sampai gaya hidup.

Generasi yang mengisyaratkan layanan kesehatan harus dapat sama dengan layanan pesan melalui aplikasi online: mudah diakses kapanpun, dimanapun, memuaskan, meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Masalah lain yang muncul adalah resiko pandemi yang semakin besar dengan meningkatnya urbanisasi, pencemaran lingkungan dan mobilisasi manusia. Pandemi COVID-19 memporak-porandakan sistem kesehatan (hampir) semua negara di dunia, menunjukkan bahwa masih banyak yang perlu dibenahi. Setidaknya, kombinasi dari era disruptif, millenialisme dan pandemik adalah aspek penting yang memerlukan perhatian khusus dalam jangka waktu dekat.

Dinamika dalam perubahan regulasi kesehatan saat ini mulai dari UU Nomor 17 tahun 2023 dan PP No. 28 tahun 2024 memberikan sebuah konsekuensi, tantangan dan kesempatan bagi profesi kesehatan dan organisasi profesi kesehatan di Indonesia. Satu soal investasi kesehatan yang dibuka sangat luas menuju era liberalisasi kesehatan , pelemahan organisasi profesi sebagai otoritas etik profesi, dan juga masalah kompetensi dokter yang diatur bukan oleh organisasi profesi .

Organisasi profesi dituntut untuk tetap eksis dan survive serta harus siap menghadapi keadaan “tidak normal” yang tak terduga dan sangat berdampak terhadap sistem kesehatan, serta memaksa organisasi berfikir di luar paradigma normal. Perubahan dan penguatan, dua hal yang harus dilakukan dalam sinergisme pengelolaan organisasi modern masa depan yang lebih transparan, akuntable dan lebih dirasakan manfaatnya bagi anggota dan masyarakat Indonesia.

Indonesia ingin kembali mengingatkan para anggotanya dan seluruh stakeholder kesehatan di negeri ini mengenai tradisi luhur profesi dokter, khususnya di Indonesia. Momen memperingati hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia menjadi momen untuk menguatkan komitmen , berkolaborasi dan bersinergi untuk membangun masa depan kesehatan Indonesia.

Pada ulang tahun IDI Ke-74 ini diambil tema “Menguatkan Komitmen, Membangun Masa Depan Kesehatan Indonesia“. Hal ini sekaligus memperkuat kesatuan dan sinergi untuk “IDI Bersatu Negeri Sehat “ bagaimana kita menyoroti pentingnya persatuan seluruh dokter Indonesia dan anggota IDI dalam menghadapi tantangan ke depan dan berkontribusi bagi kesehatan masyarakat Indonesia . Bersama-sama kita menggelorakan dan menggaungkan peran sentral IDI dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

IDI juga akan memperkuat perannya sebagai pelindung anggota dan pelopor dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. IDI Kuat Maka Dokter Aman dan Pasien Sehat merupakan jargon utama sekaligus memperkokoh Rasa “ Rakyat Indonesia Cinta Dokter Indonesia “ .



*) DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI)