Jakarta (ANTARA) - Ratusan warga memadati pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat untuk mengikuti pembukaan bursa kerja (job fair) tahap ketiga tahun 2024.
Warga sudah berada di lokasi sejak pukul 08.30 WIB. Mereka mengantre di pintu masuk pusat perbelanjaan itu padahal bursa kerja tersebut baru buka pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Jakpus upayakan pembukaan bursa kerja tahap ketiga ramai pengunjung
Warga yang datang mayoritas merupakan warga Jakarta, dengan pakaian rapi membawa map coklat berisi dokumen dan data diri sesuai persyaratan untuk melamar di perusahaan dalam bursa kerja tersebut.

"Iya rame banget saya dari Cengkareng udah datang dari jam tujuh pagi, lumayan panjang antreannya," kata salah satu warga Jakarta Barat, Septiansyah (18) di Jakarta, Rabu.

Menurut Septiansyah, adanya bursa kerja ini dapat membantu dirinya mencari lapangan pekerjaan karena banyaknya pilihan lowongan pekerjaan yang disediakan.

Baca juga: Dua ribu lebih lowongan tersedia di bursa kerja ketiga Jakarta Selatan

"Terbantu banget karena ini lebih prioritas untuk mencari kerja dan panggilannya lebih cepat dibandingkan daftar di tempat biasa. Bisa mengurangi angka pengangguran juga," kata salah satu warga Jakarta Barat, Septiansyah (21) di Jakarta.
Septiansyah mengaku mencari kerja di Jakarta ini merupakan hal yang mudah, karena banyaknya lowongan pekerjaan khususnya yang difasilitasi pemerintah. Namun, keputusannya kembali lagi di persoalan rezeki.

"Cari kerja menurut saya gampang, semua tergantung rezeki, makanya saya ke sini mau lihat-lihat. Ini pengalaman kedua saya, yang pertama saya ikut Alhamdulillah lolos, cuman karena kontraknya sudah habis, sekarang saya daftar lagi," ucap Septiansyah.

Warga padati bursa kerja (job fair) tahap ketiga tahun 2024 di ITC Cempaka Mas, Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza
Sama halnya pengalaman Martha Fransiska (24) warga Jakarta Pusat, yang mengaku baru pertama kalinya daftar di bursa kerja ini. Martha mengetahui informasi adanya job fair ini dari temannya.
Menurut Martha, kondisi mencari kerja saat ini menjadi sulit ketika dihadapi persyaratan pendidikan dan pengalaman.

"Kondisi kerja saat ini sulit karena tidak sesuai kriterianya. Kadang kita sudah kasih banyak surat lamaran dimana-mana, tapi tidak ada panggilan, gitu terus makanya sulit," kata Martha.

Baca juga: 3.381 pencari kerja padati bursa kerja di Jaksel
Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyediakan 1.892 lowongan pekerjaan di bursa kerja tahap ketiga tahun 2024 di ITC Cempaka Mas, Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, untuk menekan angka pengangguran.

Bursa kerja tahap ketiga tahun 2024 yang dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (23/10) hingga Kamis (24/10) ini ada 40 perusahaan yang berpartisipasi. Setiap harinya kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.