Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan logistik dari Sentra Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan untuk korban banjir di Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam rilis yang disiarkan oleh pihaknya di Jakarta pada Rabu, bantuan yang disalurkan meliputi 1.600 paket makanan siap saji, 500 paket makanan anak, dan 80 paket lauk pauk siap saji. Selain itu, pihaknya juga mengirimkan 150 lembar kasur, 300 lembar selimut, 200 paket family kit, serta 200 paket kidsware.

“Saat ini fokus pada penyaluran bantuan ke kelompok rentan terlebih dahulu, kita prioritaskan lokasi yang benar-benar terdampak parah,” kata Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Masryani Mansyur.

Baca juga: BNPB cepat tangani banjir yang rendam 32 desa di Kalteng
Bantuan lainnya ialah mencakup 150 paket sandang dewasa, 100 paket sandang anak, serta 300 lembar tenda gulung. Adapun untuk kebutuhan tempat tinggal sementara, pihaknya menyediakan 10 unit tenda keluarga dan 3 unit tenda serbaguna yang siap digunakan oleh para pengungsi.

Masryani menambahkan logistik yang dikirimkan cukup untuk memenuhi kebutuhan 1.000 pengungsi hingga tiga hari ke depan.

Selanjutnya, ia mengatakan Kemensos akan memberikan dukungan bahan natura dan pendirian dapur umum.
Sementara itu, Bupati Murung Raya menetapkan status tanggap darurat selama 7 hari terhitung mulai tanggal 21 Oktober hingga 27 Oktober 2024. Banjir yang terjadi pada Senin (21/10) malam mengakibatkan sungai Barito meluap dan merendam sejumlah desa di bantaran sungai tersebut.

Banjir tersebut merendam rumah warga hingga tujuh meter. Dampaknya, sebanyak 11.671 KK atau 37.918 jiwa di tujuh kecamatan terdampak, sedangkan ratusan jiwa mengungsi di tempat ibadah.