Jakarta (ANTARA) - Pemimpin tim Ferrari Fred Vasseur mengatakan tetap realistis soal peluang tim meraih gelar juara konstruktor untuk Formula 1 musim 2024.

“Kami tidak memikirkan gelar juara dan saya ingin menjaga semangat tim, karena menurut saya penting untuk fokus pada performa kami, sesi demi sesi, dan tidak memikirkan gelar juara,” kata Vasseur, dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu.

Lebih lanjut, Vasseur sendiri tidak mengelak bahwa timnya telah mencapai peningkatan yang cukup signifikan, terutama dengan hasil podium 1-2 yang diraih oleh Charles Leclerc dan Carlos Sainz pada Grand Prix Amerika Serikat, akhir pekan lalu.

Baca juga: Leclerc masih optimistis untuk memperebutkan gelar juara dunia

Dengan demikian, total poin Ferrari di klasemen konstruktor menjadi 496, yang berarti bahwa mereka sekarang hanya terpaut 8 poin dari Red Bull di posisi kedua dan 48 poin dari McLaren di puncak klasemen.

“Satu atau dua minggu lalu, semua orang membicarakan McLaren, sebelumnya Mercedes dan sebelumnya Red Bull. Kami harus menanggapinya dengan sedikit jarak, kami tidak pernah membicarakan hal seperti ini karena kami tahu jalannya (untuk meraih gelar juara) masih panjang,” jelas Vasseur.

Ferrari akan kembali bersaing pada Grand Prix Meksiko yang bergulir akhir pekan ini. Mengenai peluang tim untuk meraih dominasi yang sama seperti di Amerika Serikat, Vasseur mengatakan pihaknya siap untuk mengantisipasi tantangan yang menanti mereka di Autodromo Hermanos Rodriguez nanti.

Baca juga: Sainz bidik kemenangan terakhir bersama Ferrari musim ini

“Kami akan mulai dari awal dan kami dapat memperoleh hasil yang sama sekali berbeda di Meksiko dalam waktu satu minggu,” ungkap Vasseur.

"Yang saya inginkan adalah orang-orang mengambil lebih banyak risiko dan (memiliki) kekuatan untuk itu. Kami harus meningkatkan performa dan beberapa upaya telah kami lakukan untuk menjaga pola pikir ini,” ujar pria asal Prancis tersebut menambahkan.