Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics memulai musim NBA secara gemilang dengan menghancurkan New York Knicks lewat skor 132-109 dalam laga pembuka musim 2024-2025 di TD Garden Arena Massachusetts, Selasa malam waktu setempat, sekaligus hampir memecahkan rekor tripoin terbanyak dengan 29 lemparan tiga angka.

Pertandingan pembuka musim ini awalnya disebut oleh guard Knicks, Jalen Brunson, sebagai tolok ukur adil bagi timnya yang baru saja diperkuat oleh Mikal Bridges dan Karl-Anthony Towns. Namun, alih-alih laga yang berlangsung ketat, Celtics mendominasi penuh permainan dari awal hingga akhir.

Satu-satunya drama di pertandingan ini adalah saat Celtics berusaha memecahkan rekor NBA untuk lemparan tiga angka terbanyak dalam satu pertandingan. Al Horford mencetak lemparan tiga angka ke-29 Celtics pada awal kuarter keempat dengan waktu tersisa 8 menit 54 detik.

Mengutip laman resmi NBA, Celtics menyamai rekor Milwaukee Bucks musim 2020-2021 dengan mencetak tripoin terbanyak dalam sejarah NBA. Namun sayangnya, Celtics gagal menambah satu tripoin lagi, dengan 13 tembakan tiga angka berturut-turut yang meleset, termasuk tiga airball atau bola yang tidak sampai menyentuh ring.

Baca juga: Celtics kibarkan banner juara NBA ke-18 di TD Garden

Meskipun sorak-sorai penonton yang berulang kali meneriakkan "Satu lagi!" menggema di TD Garden, Celtics tak mampu menambah rekor baru. Akan tetapi kegagalan itu tak mengurangi dominasi Boston atas Knicks, yang terpaksa tunduk pada performa luar biasa sang juara bertahan.

Celtics langsung memperlihatkan tanda-tanda malam besar mereka saat mencetak 10 dari 16 lemparan tiga angka di kuarter pertama, sebelum menyamai rekor tim dengan 17 tembakan tiga angka di babak pertama, yang membawa mereka unggul 19 poin saat turun minum.

Secara keseluruhan, Boston menyelesaikan pertandingan dengan 29 tembakan tiga angka, menembak dengan akurasi 50 persen dari permainan terbuka, serta mencatat 33 assist dengan hanya melakukan tiga kesalahan atau turnover.

Baca juga: Celtics siap awali musim tanpa tekanan untuk pertahankan gelar

Jayson Tatum, yang sedikit sekali mendapat kesempatan bermain pada Olimpiade Paris 2024, menjadi pencetak skor tertinggi dengan 37 poin dan 10 assist. Derrick White menambahkan 24 poin, Jaylen Brown 23 poin, Jrue Holiday 18 poin, Al Horford 11 poin, dan Sam Hauser 10 poin.

Sementara bintang baru Knicks, Karl-Anthony Towns, belum bisa memberikan lebih dengan hanya mencetak 12 poin. Jalen Brunson dan Miles McBride mencatat poin tertinggi dengan 22 poin, diikuti oleh Mikal Bridges yang mencetak 16 poin.

Celtics juga mendominasi Knicks dengan selisih 54 poin dari garis tiga angka, di mana Knicks hanya mampu mencetak 11 tembakan tiga angka dan nyaris kalah jumlah dari upaya lemparan tiga angka yang dilakukan Celtics.

Baca juga: Klay Thompson merasakan gugup saat debut di Dallas Mavericks
Baca juga: Julius Randle antusias gabung Minnesota Timberwolves