Jakarta (ANTARA) - Sejumlah wakil tuan rumah bermain dominan dalam kompetisi tenis U-16, salah satunya M. Azka Azzam Al Arsyad yang berhasil melaju ke perempat final Sportama ATF 16&U Asian Tennis Series.

Bertanding pada babak kedua di lapangan The Sultan Hotel Jakarta, Selasa, unggulan ketiga itu berhasil menang atas Nandor Karoly asal Hungaria dengan 6-4, 6-1.

Selanjutnya, pada perempat final, Rabu (23/10), Azka bakal menantang rekan senegara Giftbrain Rizqzain Fadhrezy yang menempati posisi unggulan keempat.

"Merujuk aturannya, petenis yang berasal dari negara di luar Asia memang boleh berpartisipasi. Hal ini justru memberi dampak positif bagi perkembangan turnamen tenis di kawasan ini," kata Direktur Turnamen Susan Soebakti, yang telah menggelar lima seri ajang serupa sepanjang tahun ini, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Aroma Eropa pun makin menguat karena hadir pula wakil Jerman. Selain tuan rumah, petenis dari Negeri Jiran Asia Tenggara, yakni Malaysia, Singapura dan Filipina, serta India dan China juga ikut meramaikan ajang tersebut.

Menjelang babak perempat final, sejumlah kejutan mewarnai persaingan di seluruh sektor. Unggulan kedua kelompok 16 putri, Sofia Grace Santosa, harus mengakui kehebatan Erynne Francesca Ong asal Filipina. Andalan tuan rumah itu kalah rubber set 2-6, 7-5, 4-6.

Sementara di kelompok 14 putri, Ahana Das kandas di tangan Pinrui Bei asal China. Unggulan kedua dari India itu kalah 1-6, 6-4, 4-6.

Non-unggulan Indonesia di KU-16 pun menorehkan hasil mengesankan. Pada sektor putra, Reaven Rio Suryana menumbangkan unggulan kedelapan dari Singapura Yao Hui Dylan Chan dengan 7-5, 6-4.

Sementara di KU-14 putri, petenis non-unggulan tuan rumah memenangi duel atas kompatriotnya. Quorra Princy menjungkalkan unggulan ketiga Karen Yap dengan 6-3, 6-3, sementara Sheikha Adelyna Soares menang atas unggulan kedelapan Azza Zulaikha Kanahaya dengan 6-4, 6-1.

Baca juga: Sportama ITF J30 Jakarta raih ITF Tournament Recognition Award 2024