Jakarta (ANTARA) - Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Selatan mengingatkan kepada partai politik (parpol) untuk menciptakan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang kondusif.
"Atas nama pemerintah, kami mengimbau dan mengajak peserta ikut berperan menyukseskan Pilkada 2024," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Manaek Fernando di Jakarta, Selasa, pada acara peningkatan kemitraan pemerintah kota dengan parpol di ruang Antasari, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

Baca juga: Pemkot Jakpus wajibkan pemilih pemula nonton debat Pilkada Jakarta
Dia berharap pilkada khususnya di Jakarta pada 27 November bisa berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Tujuan acara ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi para peserta terutama partai politik untuk mematuhi aturan yang berlaku.

Sementara, Kepala Suku Badan Kesbangpol Jaksel, Dirhamul Nugraha menambahkan kegiatan diikuti 100 peserta.

Baca juga: Kepolisian lakukan patroli humanis untuk sampaikan pesan Pilkada damai
Tujuan kegiatan agar para peserta mendapat pemahaman tentang lingkungan sekitarnya baik di kalangan parpol maupun di tengah masyarakat.

"Sehingga nantinya para pemilih pemula bisa berpartisipasi aktif pada saat pilkada," kata Dirhamul.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan ketiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta telah memenuhi syarat administratif untuk maju di Pilkada 2024.

Baca juga: Tim kampanye dan relawan dilarang halangi pengawas Pilkada
Ketiga paslon tersebut adalah Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), ​​​​​​​dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Terdapat 15 parpol mendukung Ridwan Kamil-Suswono yakni Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Prima, PKN, dan Garuda.

Kemudian Dharma Pongrekun-Kun Wardana dari jalur independen.
Sedangkan Pramono Anung-Rano Karno didukung PDI Perjuangan, Hanura, dan Ummat.