Makassar (ANTARA) - Pakar dari Department of Occlusal and Oral Functional Rehabilitation, Okayama University Japan, Naoki Kodama DDS PhD, membahas pendekatan prostetik dalam perawatan gigi pada kuliah tamu internasional di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) secara virtual, Selasa.

Naoki Kodama menjelaskan berbagai pendekatan prostetik yang dapat diterapkan untuk lansia dalam masyarakat yang super-aged.

Dia menggarisbawahi pentingnya perawatan gigi yang komprehensif, mulai dari rehabilitasi fungsi oklusi hingga pemeliharaan kesehatan rongga mulut secara keseluruhan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia.

Selain itu dia juga menekankan pentingnya desain prostetik yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan psikologis pasien yang semakin menua.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKG Unhas, drg Acing Habibie Mude, PhD SpPros Subsp OGST(K), mengatakan tahun lalu Naoki Kodama juga telah menjadi dosen tamu di FKG Unhas.

"Dan kami sangat berterima kasih atas kesediaannya untuk memberikan kuliah kembali tahun ini. Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan Program Kelas Internasional FKG Unhas.

Penyelenggara kuliah tamu mengangkat topik "Prosthetic Treatment for Older Adults in Super-Aged Society", yang merupakan bagian dari blok mata kuliah Gerodontology untuk mahasiswa Kelas Internasional Angkatan 2021.

Topik ini, kata dia, begitu menarik mengingat perkembangan global yang menunjukkan peningkatan jumlah masyarakat lanjut usia, khususnya di negara-negara maju seperti Jepang, yang menghadapi tantangan dalam perawatan gigi pada populasi lanjut usia.

Baca juga: Unhas - Konjen Australia hadirkan pameran hubungan dua negara
Baca juga: Unhas gelar konferensi internasional bahas tata kelola maritim